Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Rossi Cetak Sejarah Baru MotoGP

Kompas.com - 11/06/2018, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Legenda hidup Valetino Rossi dari tim pabrikan Yamaha berhasil mencetak sejarah baru, menjadi pebalap pertama MotoGP yang mengumpulkan lebih dari 5.000 poin sepanjang karirnya.

Mengutip Crash.net, Minggu (10/6/2018), pencapaian tersebut diraihnya berkat penampilan kompetitif di GP Italia, Mugello pekan lalu. Rossi berhasil menduduki podium ketiga setelah Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Secara total, juara dunia sembilan kali sudah memiliki lebih dari dua kali lipat poin dalam karir balapnya, dibandingkan dengan semua pebalap lain yang ada dalam catatan sejarah.

Rossi pertama kali melewati angka 1.000 poinnya pada 2003, saat dia memberikan gelar juara dunia MotoGP bersama Honda, atau yang ketiga kalinya sejak masuk di kelas utama pada 2000.

Baca juga: Rossi Kritik Kontrak Baru Lorenzo dan Pebalap Lain

Pebalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, keluar dari jalur pit saat melakoni sesi latihan bebas ketiga pada MotoGP Italia 2018 yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Sabtu (2/6/2018).
FILIPPO MONTEFORTE/AFP PHOTO Pebalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, keluar dari jalur pit saat melakoni sesi latihan bebas ketiga pada MotoGP Italia 2018 yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Sabtu (2/6/2018).

Lalu pada 2006, pebalap berusia 39 tahun tersebut melampaui angka 2.000 poin. Namun kala itu, dirinya tak berhasil menjadi juara dunia, lantaran direbut oleh Nicky Hayden yang ada tim Honda, dan Rossi di Yamaha.

Selanjutnya, pencapaian lebih dari 3.000 poin didapatkannya pada saat menyelesaikan musim 2009. Kala itu, adalah momen Rossi ketika mendapatkan gelar juara dunianya yang ketujuh di kelas utama, atau sembilan secara keseluruhan dari kelas 125cc dan 250cc.

Kemudian angka 4.000 poin didapat pada 2014 atau ketika dirinya sudah kembali lagi ke Yamaha, setelah dua tahun sempat pergi ke Ducati pada 2011 dan 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com