Tarikan Responsif Datsun Cross di Tol Trans Jawa - Kompas.com

Tarikan Responsif Datsun Cross di Tol Trans Jawa

Kompas.com - 10/06/2018, 14:43 WIB
Dua unit Datsun Cross yang digunakan kru Kompas.com dalam perjalanan Merapah Trans Jawa 3.Kompas.com/Alsadad Rudi Dua unit Datsun Cross yang digunakan kru Kompas.com dalam perjalanan Merapah Trans Jawa 3.

NGAWI, KOMPAS.com - Datsun Cross punya mode sport yang ditandai dengan adanya tombol hitam berukuran kecil di tuas transmisi.

Saat perjalanan Merapah Trans Jawa 3, kru Kompas.com sempat menjajal berkendara dengan mode ini di ruas tol fungsional Kertosono-Wilangan yang belum sempat dibuka untuk umum.

Berbeda dengan mode normal, mode sport membuat tarikan mobil bermesin 1.200 cc ini sangat responsif saat digeber dalam kecepatan tinggi.

Penggunaan mode sport terasa sangat efektif saat didahului mode berkendara normal di kecepatan di batas aman, sekitar 100 kpj.

Memanfaatkan trek lurus panjang yang masih kosong, tak cukup sulit menggeber mobil hingga kecepatan ini.

Baca juga: Membelah Tol Trans Jawa Bersama Datsun Cross

Foto udara simpang susun Caruban dari Proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono di Jawa Timur, Senin (4/6/2018). Jalan Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan telah sah beroperasi dan dirancang sepanjang total 87,02 kilometer, Jalan Tol Ngawi-Kertosono dibagi dalam empat seksi pengerjaan.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara simpang susun Caruban dari Proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono di Jawa Timur, Senin (4/6/2018). Jalan Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan telah sah beroperasi dan dirancang sepanjang total 87,02 kilometer, Jalan Tol Ngawi-Kertosono dibagi dalam empat seksi pengerjaan.

Penasaran jajal mode sport. Mulai aktifnya mode ini ditandai adanya petunjuk warna hijau bertuliskan "sport" di instrumen cluster.

Begitu mode spot diaktifkan, putaran gas sontak naik dari kisaran 3.000-4.000 rpm ke 5.000 rpm.

Baca juga: Taklukkan Tanjakan Curam Gunung Bromo dengan Datsun Cross

Tarikan yang awalnya mulai terasa berat berubah sangat responsif. Walaupun raungan mesin jadi terdengar sangat keras di dalam kabin.

Transmisi Cross yang digunakan tim Merapah Trans Jawa 3 adalah model continously variable transmission (CVT). Tenaga yang dihasilkan tercatat mampu menghasilkan 78 Hp dengan torsi 104 Nm.

Baca juga: Tes Datsun Cross, Bising, Limbung, dan Getar Berkurang Drastis
 


Otomania.com Kompas.com-Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com menelusur hingga ruas terakhir Tol Trans-Jawa di Jawa Timur.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X