Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Indonesia Kejar R&D Lokal untuk Naik Kelas

Kompas.com - 07/06/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjadi produsen otomotif terbesar di dalam negeri, Astra Daihatsu Motor (ADM) tak hanya berinvestasi di pabrik, tapi juga membangun pusat penelitian dan pengembangan otomotif di Karawang.

Memang, walaupun saat ini kegiatan yang dilakukan di dalamnya oleh engineer dalam negeri, baru mencapai tahap merancang minor change atau facelift saja.

Pongky Prabowo, Wakil Presiden Direktur baru ADM mengatakan, mereka sedang dalam proses untuk naik kelas saat ini. Jadi ada upaya untuk terus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) secara berkelanjutan.

“Tentu ini suatu proses, tidak mungkin kami memiliki kemampuan menyeluruh tanpa suatu proses step by step. Saat ini yang sudah proven dan sudah diberikan kepercayaan baik oleh Daihatsu dan Toyota, adalah membangun facelift,” ujar Pongky, Senin (4/6/2018).

Baca juga: Target Bos Baru Daihatsu Indonesia di Pasar Domestik

Tes kestabilan dan kenyamanan di berbagai permukaan jalan.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tes kestabilan dan kenyamanan di berbagai permukaan jalan.

Pengujian di jalanan licin.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Pengujian di jalanan licin.

Namun, Pongky menambahkan mereka tak lantas hanya masu jalan di tempat. Daihatsu Indonesia sudah melakukan upaya untuk bisa terus naikkan level SDM-nya di R&D Center.

“Tentu saja kami pikirkan untuk meningkatkan kemampuan ini sehingga bisa mendesain lebih advance lagi. Terkait waktunya kapan belum bisa mengatakannya, tapi kami saat ini sedang mengirim beberapa engineer atau desainer ke Daihatsu Jepang secara berkelanjutan untuk mengejar ke sana,” ujar Pongky.

“Tahun ini engineer yang ada di R&D Daihatsu ditargetkan mencapai 210 orang,” tutur Pongky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com