Daihatsu Indonesia Kejar R&D Lokal untuk Naik Kelas

Kompas.com - 07/06/2018, 08:22 WIB
Salah satu aktivitas di R&D Daihatsu, Karawang. Mobil harus melewati tanjakan dan jalan bergelombang. KompasOtomotif-Donny AprilianandaSalah satu aktivitas di R&D Daihatsu, Karawang. Mobil harus melewati tanjakan dan jalan bergelombang.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjadi produsen otomotif terbesar di dalam negeri, Astra Daihatsu Motor (ADM) tak hanya berinvestasi di pabrik, tapi juga membangun pusat penelitian dan pengembangan otomotif di Karawang.

Memang, walaupun saat ini kegiatan yang dilakukan di dalamnya oleh engineer dalam negeri, baru mencapai tahap merancang minor change atau facelift saja.

Pongky Prabowo, Wakil Presiden Direktur baru ADM mengatakan, mereka sedang dalam proses untuk naik kelas saat ini. Jadi ada upaya untuk terus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) secara berkelanjutan.

“Tentu ini suatu proses, tidak mungkin kami memiliki kemampuan menyeluruh tanpa suatu proses step by step. Saat ini yang sudah proven dan sudah diberikan kepercayaan baik oleh Daihatsu dan Toyota, adalah membangun facelift,” ujar Pongky, Senin (4/6/2018).

Baca juga: Target Bos Baru Daihatsu Indonesia di Pasar Domestik

Tes kestabilan dan kenyamanan di berbagai permukaan jalan.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tes kestabilan dan kenyamanan di berbagai permukaan jalan.

Pengujian di jalanan licin.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Pengujian di jalanan licin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, Pongky menambahkan mereka tak lantas hanya masu jalan di tempat. Daihatsu Indonesia sudah melakukan upaya untuk bisa terus naikkan level SDM-nya di R&D Center.

“Tentu saja kami pikirkan untuk meningkatkan kemampuan ini sehingga bisa mendesain lebih advance lagi. Terkait waktunya kapan belum bisa mengatakannya, tapi kami saat ini sedang mengirim beberapa engineer atau desainer ke Daihatsu Jepang secara berkelanjutan untuk mengejar ke sana,” ujar Pongky.

“Tahun ini engineer yang ada di R&D Daihatsu ditargetkan mencapai 210 orang,” tutur Pongky.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X