Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baiknya Isi Penuh BBM Sebelum Masuk Tol Fungsional

Kompas.com - 05/06/2018, 03:25 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Cukup banyak ruas jalan tol belum sepenuhnya jadi yang akan dioperasikan sebagai tol fungsional pada musim mudik lebaran 2018.

Karena belum sepenuhnya jadi, maka infrastruktur pendukung di ruas tol tipe ini juga belum lengkap. Salah satunya ketersediaan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Kondisi itulah yang ditemui tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com di ruas tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Sragen pada perjalanan etape ketiga, Senin (4/6/2018).

Baca juga: Ini Bedanya Tol Operasional dan Fungsional

Tol Solo-Sragen sepanjang 35 kilometer siap digunakan secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2018. Tampak dalam gambar kondisi aktual lintasan Tol Solo-Sragen dengan fisik rigid pavement pada Senin (4/6/2018).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Tol Solo-Sragen sepanjang 35 kilometer siap digunakan secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2018. Tampak dalam gambar kondisi aktual lintasan Tol Solo-Sragen dengan fisik rigid pavement pada Senin (4/6/2018).

Ruas tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Sragen direncanakan akan difungsikan sebagai tol fungsional pada musim mudik tahun ini.

Namun saat Kompas.com melintas, beberapa rest area yang disiapkan terpantau masih dalam tahap pembangunan dan belum ada SPBU-nya.

Di sisi lain, bahan bakar dari mobil yang digunakan tim Merapah sudah dalam kondisi hampir habis.

Untungnya saat memasuki wilayah Ngawi, ada SPBU di luar tol yang lokasinya relatif dekat. Namun, karena di luar tol, tentu saja kita harus keluar tol lebih dulu.

Baca juga: SPBU Motoris Disiapkan di Jalur Mudik Rawan Macet

KiosK Pertamax yang ada di Rest Area 252 Tol Pejagan-Pemalang, Rabu (30/5/2018).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO KiosK Pertamax yang ada di Rest Area 252 Tol Pejagan-Pemalang, Rabu (30/5/2018).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Herry TZ menyarankan pemudik agar mengisi penuh tangki BBM sebelum memasuki ruas tol fungsional.

Tujuannya mencegah pemudik kesulitan mencari SPBU saat kondisi bahan bakar sudah hampir habis.

"Jadi tidak cuma e-toll, tangki bahan bakar juga harus diisi. Harus full tank," kata Herry.

Baca juga: Pertamina Siagakan KiosK Pertamax di Tol Fungsional

Sementara itu, PT Pertamina sebelumnya menyatakan akan menyediakan Kios BBM Kemasan atau KiosK Pertamax di beberapa ruas tol fungsional pada musim mudik tahun ini.

KiosK Pertamax merupakan stan khusus untuk menyediakan produk BBM Non Subsidi seperti Pertamax dan Pertamax Turbo yang ditampung dalam bentuk kemasan maupun dengan dispenser sederhana per 10 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com