Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Masih Mau Jualan Swift

Kompas.com - 04/06/2018, 16:42 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Walau sudah pernah bilang sulit, tapi Suzuki Indomobil Sales (SIS) ternyata belum menyerah pada Swift. Sebelumnya diketahui generasi keempat Swift yang sudah meluncur global pada akhir 2016 kecil kemungkinannya sampai di pesisir Nusantara.

Swift generasi ketiga telah berhenti dijual di Indonesia pada Juli 2017, dipahami dari berhentinya pasokan unit ke diler berdasarkan data wholesales Gaikindo.

Posisi Swift generasi keempat dikatakan sulit masuk Indonesia sebab Suzuki punya generasi baru Baleno yang sama-sama masuk di kelas hatchback segmen B. SIS lebih memilih Baleno karena lebih desainnya lebih segar dan ukuran kabinnya sedikit lebih luas dari Swift.

Baca juga: Alasan Suzuki Pilih Baleno Ketimbang Swift buat Indonesia

Suzuki Baleno HatchbackAditya Maulana - Otomania Suzuki Baleno Hatchback

Walau begitu, Direktur Pemasaran SIS Donny Saputra mengindikasikan pihaknya sedang mempelajari kemungkinan Swift dijual lagi di Indonesia. Dia menyebut SIS mau menawarkan produk-produk Suzuki yang sudah punya citra kuat di Indonesia, seperti pada Karimun Wagon R, Baleno, dan Jimny.

“Swift untuk saat ini kami belum bisa berkata banyak untuk karena kami sudah menghadirkan Baleno. Kalau pun kami menawarkan Swift baru harus dengan penawaran yang berbeda, tidak bisa hanya Swift seperti biasa. Apakah nanti bentuknya dengan teknologi tinggi atau bagaimana,” kata Donny.

Donny menjelaskan studi tentang itu sedang berjalan. Dia berharap Swift masih bisa dijual di Indonesia. Mungkin saja bisa seperti Suzuki di India yang menawarkan Baleno dan Swift generasi keempat bersamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com