Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Microsleep dengan Mendengarkan Musik?

Kompas.com - 04/06/2018, 16:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gejala microsleep atau tertidur sepersekian detik selama mengemudi bisa terjadi saat arus mudik Lebaran beberapa waktu ke depan. Gejala yang timbul akibat stagnasi selama perjalanan ini biasanya diatasi oleh pengemudi dengan mendengarkan lagu dari perangkat hiburan kendaraan.

Namun menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu cara ini dinilai tidak terlalu efektif.

"Bukan tidak boleh (mendengarkan musik), tapi jangan berlebihan. Mendengarkan musik itu sering dilakukan pengemudi untuk menghilangkan gejala kebosanan, lelah selama perjalanan. Ini punya konsekuensi karena mendengarkan musik bisa membuat pengemudi terbuai," ucap Jusri saat dihubungi Minggu (4/6/2018).

Situasi terbuai dapat tercipta tidak hanya dari musik yang dilantunkan tapi juga kondisi kenyamanan dalam kendaraan. Penggunaan pendingin udara (AC), kekedapan kabin, dapat membuat pengemudi terlalu nyaman.

Baca juga: Lakukan Langkah Ini untuk Mencegah Microsleep Saat Mudik

Jusri menyarankan pengemudi untuk sesekali mendengarkan hiburan musik melalui perangkat audio di kendaraan. Ia tidak menyarankan untuk mendengarkan terus menerus sepanjang perjalanan.

"Kalau mendengar terus sepanjang perjalanan bisa jenuh, bosan malah. Sesekali saja," ujar Jusri.

Jusri mengingatkan untuk pengemudi menetapkan frekuensi berkendara, terutama saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Bisa diatur setiap delapan jam perjalanan lalu istirahat selama dua jam atau frekuensi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com