Jangan Asal Ditinggal, Cara Benar Tinggalkan Motor di Rumah saat Mudik - Kompas.com

Jangan Asal Ditinggal, Cara Benar Tinggalkan Motor di Rumah saat Mudik

Kompas.com - 03/06/2018, 03:44 WIB
Suzuki Nex II varian Sporty Runer di IIMS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Suzuki Nex II varian Sporty Runer di IIMS 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang meninggalkan sepeda motor di rumah ketika mudik, jangan sembarangan menyimpan. Demi keamanan, pastikan juga sudah dipasang kunci ganda, dan memperhatikan aspek lain.

Misal, kondisi bahan bakar minyak (BBM), tekanan udara pada ban, hingga aki apakah harus dicabut atau tidak.

Menurut Wedijianto Widarso, General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), jika mudik lebih dari tujuh hari maka sebaiknya aki dilepas, untuk menghindari hakl yang tidak diinginkan.

"Misal, ketika nanti mau dihidupkan lagi tiba-tiba tidak menyala dan lain sebagainya," ujar Wedijianto belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Baca juga: Mau Mudik, Jangan Lupa Servis Mobil Lebih Dulu

Sementara itu, Riecky Patrayudha, Assistan to Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menambahkan bahwa untuk tangki bahan bakar diusahakan terisi penuh untuk menghindari kondensasi.

"Justru diisi penuh, jangan dikosongkan. Kalau tangki kondisi kosong sangat mudah terjadi kondensasi," kata Riecky belum lama ini di Jakarta Pusat.

Tangki BBM yang tidak terisi penuh akan menyebabkan ruang kosong, sehingga mudah untuk terjadinya kondensasi. Selain itu, pastikan juga menyimpan di tempat aman, agar terhindar dari faktor yang tidak diinginkan.


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X