Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy Tak Bisa Sembarangan Minum BBM Indonesia

Kompas.com - 31/05/2018, 17:45 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes-Benz Distribution Indonesia menyatakan semua produk Mercy yang dijual di Indonesia sudah standar EURO IV dan VI.

Standar yang lebih tinggi ini membuat mobil Mercy tak bisa sembarangan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang beredar di Indonesia.

Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Distribution Indonesia Hari Arifianto menyebut untuk mesin diesel, BBM yang layak saat ini tersedia hanyalah Pertamina Dex.

Baca juga: Kualitas Produksi Mobil di Indonesia Membaik dengan Euro IV

Sedangkan untuk mesin bensin, Mercy hanya bisa menggunakan Pertamax Turbo dan Shell V-Power.

Pertamax Turbo sudah tersedia di 134 SPBU di Jabodetabek.Pertamina Pertamax Turbo sudah tersedia di 134 SPBU di Jabodetabek.

"Yang kadar oktannya minimal RON 95," kata Hari di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Saat ini Indonesia masih menerapkan standar emisi EURO II. Namun tengah bersiap menyambut EURO IV pada September 2018 untuk mesin bensin; dan Maret 2021 untuk mesin diesel.

Baca juga: Pasokan BBM Pertamina Euro IV Belum Banyak

Hari menyatakan Mercedes menyambut baik pemberlakuan standar emisi baru ini. Sebab akan bisa menguntungkan baik dari sisi produsen otomotif maupun masyarakat.

"Harapannya polusi bisa ditekan. Kalau lihat tren global juga, saat ini dunia otomotif fokusnya juga sudah ke teknologi yang lebih advance," ucap Hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com