Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PCX 150 Belum Mampu Susul NMAX

Kompas.com - 30/05/2018, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Segmen skutik premium berkubikasi mesin 150 cc masih dipegang Yamaha NMAX. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan Januari-April 2018 mencapai 142.218 unit.

Rata-rata penjualan per bulan sekitar 30.000-an unit, bahkan sempat tembus 40.975 unit pada Maret 2018. Pencapaian tersebut sekaligus menjadikan NMAX berada di posisi puncak.

"Untuk kelas ini kami masih sangat mendominasi sekali apabila dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya," ujar Antonius Widiantoro, Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), di Jakarta Fair Kemayoran 2018, pekan lalu.

Antonius menjelaskan, penerimaan masyarakat terhadap skutik premium itu masih sangat bagus. Permintaan konsumen pun semakin cepat dipenuhi karena waktu tunggu sudah tidak lama seperti beberapa waktu lalu.

Baca juga: Honda Yakin PCX Bisa Kejar NMAX

"Sekarang indennya tidak bulanan lagi, tetapi sudah per hari atau per pekan, tergantung dari masing-masing daerah juga," kata pria yang akrab disapa Anton itu.

Bila melihat data penjualan rival terkuat di kelasnya, yakni Honda PCX 150, masih sangat jauh jika dibandingkan dengan hasil penjualan dalam waktu empat bulan pertama tahun ini.

Peluncuran Honda PCX 150 di Mal Ciputra, Grogol, Sabtu (10/3/2018).KOMPAS.com / Aditya Maulana Peluncuran Honda PCX 150 di Mal Ciputra, Grogol, Sabtu (10/3/2018).

Distribusi PCX 150 yang sudah dirakit lokal itu untuk periode Januari-April 2018 baru sekitar 43.692 unit. Hasil itu memang baru didapat dalam tiga bulan (Februari-April) karena Januari tidak ada aktivitas penjualan.

"Penerimaan masyarakat juga sangat positif, kami yakin ke depan bisa lebih baik dari ini," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com