Kompas.com - 30/05/2018, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Segmen skutik premium berkubikasi mesin 150 cc masih dipegang Yamaha NMAX. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan Januari-April 2018 mencapai 142.218 unit.

Rata-rata penjualan per bulan sekitar 30.000-an unit, bahkan sempat tembus 40.975 unit pada Maret 2018. Pencapaian tersebut sekaligus menjadikan NMAX berada di posisi puncak.

"Untuk kelas ini kami masih sangat mendominasi sekali apabila dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya," ujar Antonius Widiantoro, Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), di Jakarta Fair Kemayoran 2018, pekan lalu.

Antonius menjelaskan, penerimaan masyarakat terhadap skutik premium itu masih sangat bagus. Permintaan konsumen pun semakin cepat dipenuhi karena waktu tunggu sudah tidak lama seperti beberapa waktu lalu.

Baca juga: Honda Yakin PCX Bisa Kejar NMAX

"Sekarang indennya tidak bulanan lagi, tetapi sudah per hari atau per pekan, tergantung dari masing-masing daerah juga," kata pria yang akrab disapa Anton itu.

Bila melihat data penjualan rival terkuat di kelasnya, yakni Honda PCX 150, masih sangat jauh jika dibandingkan dengan hasil penjualan dalam waktu empat bulan pertama tahun ini.

Peluncuran Honda PCX 150 di Mal Ciputra, Grogol, Sabtu (10/3/2018).KOMPAS.com / Aditya Maulana Peluncuran Honda PCX 150 di Mal Ciputra, Grogol, Sabtu (10/3/2018).

Distribusi PCX 150 yang sudah dirakit lokal itu untuk periode Januari-April 2018 baru sekitar 43.692 unit. Hasil itu memang baru didapat dalam tiga bulan (Februari-April) karena Januari tidak ada aktivitas penjualan.

"Penerimaan masyarakat juga sangat positif, kami yakin ke depan bisa lebih baik dari ini," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.