Kalau Biker Harley-Davidson Langgar Aturan Lalu Lintas, Viralkan! - Kompas.com

Kalau Biker Harley-Davidson Langgar Aturan Lalu Lintas, Viralkan!

Kompas.com - 27/05/2018, 09:05 WIB
Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) merayakan ulang tahun ke-28 di Tangerang Selatan, Sabtu (26/5/2018).FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) merayakan ulang tahun ke-28 di Tangerang Selatan, Sabtu (26/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) menyatakan punya komitmen ingin menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Jika terlihat ada biker memakai rompi HDCI lantas bertingkah sebaliknya mungkin pantas dibikin viral atau setidaknya kena sanksi sosial.

Hal itu didukung oleh Ketua Umum HDCI Nanan Soekarna. Dia menjelaskan HDCI punya komisi kode etik yang akan menghukum bila anggotanya melanggar aturan.

Ketua Umum Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Nanan Soekarna.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Ketua Umum Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Nanan Soekarna.

“Kami punya kode etik, ada komisinya. Kalau melanggar, disidang. Tapi kan kami manusia biasa, ada oknum itu. Kalau ada, direkam saja. Ambil yang jelas mukanya. Kalau naik motor kan kelihatan (logo di jaket belakang) dia HDCI mana,” kata Nanan, saat perayaan ulang tahun HDCI ke-28 di Tangerang Selatan, Sabtu (26/5/2018).  

Baca juga: Ini Deretan Moge yang Dipakai Voorijder

Nanan menjelaskan HDCI bukan geng motor liar. Pemilik moge merek Amerika Serikat ini dikatakan dari kalangan perekonomian bagus yang hidupnya sudah teratur. Saat ini HDCI memiliki 5.000 anggota terdaftar, namun yang aktif dikatakan 3.000-an orang. .

Torsi besar, mesin panas, dan knalpot bawel, sudah jadi ciri khas Harley-Davidson. Namun bukan berarti itu jadi landasan harus arogan dan merasa eksklusif di jalanan. Nanan bilang yang melanggar aturan itu biasanya orang yang baru punya Harley-Davidson.



Close Ads X