Singkirkan Anggapan "Orang Kaya Naik Sedan, Orang Menengah Naik MPV"

Kompas.com - 24/05/2018, 16:22 WIB
Ekspor Toyota Vios. TMMINEkspor Toyota Vios.
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Pemerintah sedang berencana menurunkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sedan.

Selaku asosiasi yang menaungi industri otomotif di tanah air, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap penurunan pajak tidak hanya meningkatkan ekspor sedan, tapi juga meningkatkan daya saingnya di pasar domestik.

Saat ini besaran PPnBM sedan mini mesin di bawah 1.500 cc diketahui mencapai 30 persen. Pada saat yang sama, besaran pajak mobil selain sedan hanya di angka 10-20 persen.

Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi menilai, besarnya pajak sedan disebabkan dulu ada anggapan mobil ini merupakan kendaraan orang kaya.

Baca juga: Sedan Bukan Lagi Barang Mewah, Revisi Pajaknya Segera Terbit

Ada dua tipe yang diekspor, sama seperti yang dipasarkan di Indonesia.Agung Kurniawan Ada dua tipe yang diekspor, sama seperti yang dipasarkan di Indonesia.

"Aturan main yang namanya mobil dulu berdasarkan bentuk. Yang dianggap naik sedan orang kaya, PPnBM-nya jadi 30 persen, yang naik MPV sejenis Kijang dianggap orang menengah, hanya kena 10 persen," kata Nangoi di Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Nangoi mencontohkan pada era tahun 1980-an, produk sedan seperti Toyota Corolla, Honda Civic dan Honda Accord masih cukup banyak di tengah masyarakat.

Namun perbedaan PPnBM telah membuat penjualan sedan menurun drastis. Di sisi lain MPV berkembang pesat.

Baca juga: Tanpa Sedan Indonesia Sulit Genjot Ekspor

"Berkembangnya MPV bagus, tidak salah. Tapi sedan jadi mati semua karena tidak bisa bersaing," ujar Nangoi.

Honda City 2017Honda Prospect Motor (HPM) Honda City 2017

Rendahnya penjualan sedan tercermin dari data pasar 2017. 

Data Gaikindo menyebutkan selama 2017, penjualan sedan hanya mencapai 9.139 unit. Padahal jumlah total keseluruhan penjualan mobil mencapai 1.079.534 unit.

Dari total penjualan itu, MPV menjadi model yang paling laris dengan angka penjualan mencapai 596.893 unit.

Baca juga: Pajak Sedan Turun Dua Bulan Lagi

Pemerintah menargetkan penurunan PPnBM sedan bisa terealisasi pada pertengahan tahun 2018.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X