Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Inisiator ASEAN Automotive Institute

Kompas.com - 24/05/2018, 14:45 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – I Made Dana Tangkas, Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), membuka suara tentang rencana pendirian ASEAN Automotive Institute.

ASEAN Automotive Institute akan menjadi induk buat IOI, Thailand Automotive Institute (TAI), dan Malaysia Automotive Institute (MAI).

“Kami sudah proses, sedang berdiri. Nanti kami bicarakan dengan sekretariat ASEAN kemudian masing-masing institut otomotif di negara masing-masing berbicara dengan pemerintah. Kalau sudah satu bahasa dengan pemerintah dan sekretariat ASEAN nanti kami akan dirikan ASEAN Automotive Institute,” kata Made Dana, di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Menurut Made Dana, inisiator pembentukan dimulai dari Indonesia.

ASEAN Automotive Institute akan memikirkan otomotif secara regional, yaitu sebagai negara di Asia Tenggara untuk berhadapan dengan otomotif global. Misalnya, ASEAN Automotive Institute membuat rujukan spesifikasi kendaraan khusus dijual di Asia Tenggara.

Baca juga: Sempat Hilang, Ini Kabar Terbaru ?Mobil Perdesaan? Kemenperin-IOI

Selain itu, masalah internal di antara negara Asia Tenggara juga bisa dibicarakan di situ. Made Dana sempat menyinggung urusan ekspor-impor Vietnam yang kini lagi panas.

Proses pendirian sudah berjalan tiga bulan, jelas Made. Bila tidak ada hambatan, maka ASEAN Automotive Institute akan berdiri pada tahun ini juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com