Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Harus Punya Pusat Riset dan Pengembangan Otomotif

Kompas.com - 24/05/2018, 13:25 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu poin penting dalam pengembangan otomotif adalah fasilitas riset dan pengembangan (RnD). Institut Otomotif Indonesia (IOI) punya pemikiran, harus ada fasilitas seperti itu di dalam negeri.

RnD yang dimaksud bukan milik produsen, seperti yang sudah dilakukan Daihatsu. Namun RnD milik nasional yang digunakan secara integral.

“Siapa saja boleh menggunakan. Nanti digunakan sebagai sarana evaluasi, tes, itu harus dipunyai secara nasional,” jelas I Made Dana Tangkas, Presiden IOI, di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Baca juga: IOI Sambut Mobil Desa Milik Astra

Mark Wijaya, desainer PT Astra Daihatsu Motor yang menciptakan goresan Daihatsu Ayla.KompasOtomotif-donny apriliananda Mark Wijaya, desainer PT Astra Daihatsu Motor yang menciptakan goresan Daihatsu Ayla.

Salah satu kegunaan RnD itu, misalnya, sebagai tempat persiapan model baru sebelum masuk ke uji tipe. Selain itu RnD juga bisa untuk tempat pengujian keselamatan dan emisi.

Made Dana menjelaskan RnD nasional itu masih dalam tahap pengembangan. Dia mengatakan fasilitas itu bukan dipegang IOI, namun sedang dipikirkan apakah berasal dari pemerintah atau gabungan dari semua pelaku industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com