Kompas.com - 23/05/2018, 14:57 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

KENTUCKY, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Owensboro di Kentucky, Amerika Serikat akan mengumumkan tanggal 9 Juni sebagai Hari Nicky Hayden atau Nicky Hayden Day.

Penetapan tanggal 9 Juni sebagai Nicky Hayden Day merupakan penghormatan atas prestasi yang pernah ditorehkan Hayden semasa hidupnya. Hayden merupakan warga kelahiran asli Owensboro yang pernah jadi Juara Dunia MotoGP 2006.

Hayden lahir di kota tersebut pada 30 Juli 1981, dan meninggal dunia di Cesena, Italia pada 22 Mei 2017.

Penetapan tanggal 9 Juni diambil dari June 9, yang menghasilkan angka 69, nomor kebanggaan Hayden.

Nicky Hayden Respol Hondamotorsport.com Nicky Hayden Respol Honda

Dikutip dari motogp.com, pengumuman 9 Juni sebagai Nicky Hayden Day akan diumumkan langsung oleh Wali Kota Owensboro Tom Watson pada 8 Juni.

Pengumuman akan disertai peresmian patung Hayden yang akan ditempatkan di halaman depan Owensboro Convention Center.

Patung Hayden akan berbentuk saat Hayden tengah merayakan kemenangan di seri MotoGP Amerika di Sirkuit Laguna Seca pada 23 Juli 2006.

Baca juga: Hening 69 Detik untuk Mengenang Nicky Hayden di Sirkuit Mugello

Saat itu, Hayden melakukan victory lap sambil membawa bendera AS.

Empat motor Nicky Hayden di Mugellomotorsport.com Empat motor Nicky Hayden di Mugello

Hayden meninggal dunia setelah ditabrak mobil saat tengah bersepeda tak jauh dari Sirkuit Misano, Italia. Ia berada di daerah tersebut beberapa hari setelah mengikuti seri balap World Superbike (WSBK) bersama Red Bull Honda World Superbike Team di Sirkuit Autodromo Enzo e Dino Ferrari, Imola.

Setelah lima hari dirawat di RS, Hayden menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena, Italia. Ia meninggal dunia pada usia 35 tahun.

Baca juga: MotoGP Italia Beri Penghormatan untuk Nicky Hayden

Pihak rumah sakit mengonfirmasi Hayden meninggal akibat kerusakan otak dan luka traumatis. Saat kecelakaan, Hayden memang dikabarkan mengalami luka serius di bagian dada dan kepala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.