Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Jamin Pemudik Tidak "Dipalak" di Rest Area

Kompas.com - 22/05/2018, 16:05 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - PT Jasa Marga menjamin pemudik yang singgah di rest area jalan tol yang dikelolanya tak akan mengeluarkan biaya tambahan, dari mulai penggratisan biaya toilet hingga diwajibkannya penjual makanan untuk menyampaikan informasi harga.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/5/2018), pihak Jasa Marga memastikan seluruh toilet di rest area tidak dipungut biaya atau gratis.

Jika ada pungutan liar yang ditemui di toilet rest area milik Jasa Marga dan kelompok usahanya, warga bisa melapor ke call center Jasa Marga Traffic Information Center dengan nomor 14080.

Salah rest area yang terdapat di ruas Jalan Tol CipaliKOMPAS.com / DANI PRABOWO Salah rest area yang terdapat di ruas Jalan Tol Cipali


Dalam upaya pemenuhan standar pelayanan minimum (SPM) di rest area, Jasa Marga juga mewajibkan para pemilik tempat penjualan makanan dan minuman untuk memberikan informasi terkait harga dan minuman yang dijual.

Hal itu bertujuan agar harga makanan dan minuman yang ditetapkan tetap dengan harga wajar.

Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk membawa bekal makanan yang cukup selama perjalanan mudik maupun balik.

Tempat Istirahat atau rest area di ruas tol Pejagan-Pemalang Seksi 3-4.GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com Tempat Istirahat atau rest area di ruas tol Pejagan-Pemalang Seksi 3-4.


Tercatat ada 68 rest area yang akan disediakan Jasa Marga selama musim mudik tahun ini. Seluruhnya tersebar di jalan tol operasi dan jalan tol fungsional lebaran yang membentang dari Jakarta hingga Surabaya.

Dalam pengoperasiannya, Jasa Marga telah menambah sejumlah fasilitas di rest area, baik rest area jalan tol operasi maupun jalan tol baru. Contohnya penambahan kapasitas toilet, khususnya toilet wanita sebanyak 77 unit.

Sedangkan di rest area di jalan tol fungsional, Jasa Marga telah menempatkan toilet portable sebanyak 316 unit.

Sejumlah petugas dari PT Jasa Marga (persero) Tbk saat mengikuti apel siaga operasional lebaran 2018 di Kantor Jasa Marga, Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (7/5/2018). PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan persiapan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 guna memastikan kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang melintas di ruas tol.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah petugas dari PT Jasa Marga (persero) Tbk saat mengikuti apel siaga operasional lebaran 2018 di Kantor Jasa Marga, Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (7/5/2018). PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan persiapan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 guna memastikan kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang melintas di ruas tol.

Selain fasilitas, Jasa Marga juga menempatkan para petugas siaga di setiap rest area sepanjang jalan tol yang digunakan sebagai jalur mudik.

Keberadaan petugas siaga ini dapat dimanfaatkan oleh para pemudik untuk bertanya seputar informasi, dan pengaduan terkait rest area tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com