AISI Minta Regulasi Motor Listrik Tidak Berat Sebelah

Kompas.com - 22/05/2018, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) meminta kebijakan pemerintah soal motor listrik yang sedang direncanakan tidak berlaku berat sebelah. AISI menyadari ada pelaku industri di luar keanggotaannya yang meminta tarif khusus soal impor komponen.

“Yang pemain lokal minta penerapan tarif khusus untuk komponen industri motor listrik, impor komponen. Ini kan bisa memicu seperti dulu mobil nasional. Kalau seperti itu nanti kita sama WTO (World Trade Organization) bagaimana?” kata Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala, Senin (21/5/2018).

Baca juga: Hidup dan Mati Mobnas Timor di Era Soeharto

Skuter listrik hasil kolaborasi Garansindo dan ITS.Garansindo/ITS Skuter listrik hasil kolaborasi Garansindo dan ITS.

Baca juga: AISI Mengaku Lagi Siapkan Sepeda Motor Listrik untuk Indonesia

Tarif khusus impor komponen bisa memengaruhi harga jual motor listrik di pasaran menjadi lebih murah. Sementara AISI sekarang sedang mengkaji produksi lokal motor listrik yang kemungkinan harganya lebih mahal dan dinilai bisa tidak kompetitif.

“Kami minta tolong kepada pemerintah, kalau bisa tidak ada perbedaan. Perkara nanti kebutuhan yang masih impor itu cepat dilokalkan, kan harga kita (AISI dan non-AISI) akan kompetitif. Kan sama-sama buat ekspor,” ucap Sigit.

Menurut Sigit, AISI mengembang tugas dari pemerintah untuk mengembangkan ekspor. Pemerataan soal regulasi motor listrik itu juga sebagai bentuk ancang-ancang ke arah sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.