Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Teknologi Keselamatan Baru dari Bosch buat Motor

Kompas.com - 22/05/2018, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Stuttgart, KOMPAS.com – Punya visi menurunkan angka kecelakaan roda dua, Bosch memperkenalkan teknologi keamanan baru buat sepeda motor. Faktanya memang pengguna sepeda motor lebih besar potensinya terlibat kecelakaan saat berkendara

Risiko tewas saat terjadi kecelakaan mencapai 20 kali lebih tinggi, dari pengemudi mobil. Bahkan, berdasarkan Kantor Statistik Federal Jerman jumlah kecelakaan sepeda motor yang mengakibatkan kematian naik 9 persen tahun lalu.

Fitur tersebut dikembangkan menggunakan teknologi yang ada di mobil otonomos. Paket teknologi keamanan tersebut yang terdiri dari cruise control adaptif, peringatan tabrakan depan dan deteksi blind-spot.

Baca juga: Kampanye Keselamatan, Bosch Kerja Sama dengan Kemenhub

Sistem peringatan tabrakan depan milik Bosch buat motor.ISTIMEWA Sistem peringatan tabrakan depan milik Bosch buat motor.

Sudah ada dua pabrikan sepeda motor yang bakal mengaplikasikan paket teknologi tersebut, KTM dan Ducati. Mereka akan memasukkan sistem bantuan pengendara baru ini, pada model produksinya paling cepat pada 2020.

Dirk Hoheisel, Anggota Dewan Manajemen Robert Bosch mengatakan, ini adalah langkah lanjutan yang mengarah pada tujuan berkendara tanpa kecelakaan, yang tidak mengurangi kenyamanan dan tidak mengambil alih peran pengendara dalam mengemudi.

“Bosch membawa keselamatan bersepeda motor ke tingkat yang lebih baik,” kata Hoheisel dalam siaran resminya, Senin (21/5/2018).

Adaptif Cruise Control (ACC) untuk sepeda motor milik Bosch.ISTIMEWA Adaptif Cruise Control (ACC) untuk sepeda motor milik Bosch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com