Gara-gara Insiden Argentina, Prosedur Grid Start MotoGP Diubah

Kompas.com - 20/05/2018, 03:11 WIB

Le Mans, KOMPAS.com – MotoGP sekarang punya aturan main baru tentang prosedur grid start yang dirilis di Le Mans, Prancis, Jumat (18/5/2018).

Prosedur baru yang dibuat agar tidak kejadian lagi seperti di GP Argentina lalu ini bakal diterapkan mulai GP Italia pada awal Juni nanti.

Dalam posisi start di GP Argentina pada 8 April lalu, semua pebalap selain Jack Miller, memutuskan keluar grid untuk memakai sepeda motor kedua dengan ban kering. Keputusan itu diambil karena sirkuit Termas de Rio Honda cepat mengering.

Saat itu, karena kejadian sempat membingungkan, balapan diputuskan ditunda. Kemudian akhirnya Miller, satu-satunya pebalap yang tidak bergerak dari grid, diberi keuntungan start enam baris di depan semua pebalap.

Baca juga: Penjelasan Marquez soal Start Aneh di GP Argentina

Marc Marquez melakukan start aneh di GP Argentina 2018.MOTORSPORT.com Marc Marquez melakukan start aneh di GP Argentina 2018.

Prosedur baru

Biar tidak terulang kejadian seperti itu lagi, dilansir dari motorsport.com diputuskan setiap pebalap yang mengganti motor dengan ban berbeda setelah warm up bisa kembali ke urutan normal di grid. Meski begitu, saat balapan dia harus menjalani penalti ride through (masuk ke lintasan pit).

Bila pebalap mengganti motor dengan pilihan ban yang sama, maka dia start di belakang grid atau berarti berada di nomor urut paling bontot.

Jika saja ada pebalap yang mengganti motor dan juga ban, maka dia kena penalti ride through.

Selain itu ditetapkan juga, start dari garis pit tidak bisa dilakukan bila lebih dari 10 motor. Jika sampai seperti itu balapan bakal ditunda dan “quick start” akan dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.