Resmi, MV Agusta Berlaga di Moto2 Musim Depan - Kompas.com

Resmi, MV Agusta Berlaga di Moto2 Musim Depan

Kompas.com - 17/05/2018, 14:45 WIB
MV Agusta menjalin kontrak selama empat tahun bersama tim Forward Racing untuk Moto2 mulai 2019.GPONE.com MV Agusta menjalin kontrak selama empat tahun bersama tim Forward Racing untuk Moto2 mulai 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pabrikan asal Italia, MV Agusta, akhirnya benar-benar resmi kembali ke kejuaraan balap sepeda motor dunia setelah 42 tahun absen. Mulai tahun depan, merek yang aslinya bernama Meccanica Verghera Agusta itu bakal bertanding di Moto2 dan bermimpi masuk ke MotoGP.

MV Agusta pernah jaya pada era 1950 – 1970. Sepanjang sejarah di kejuaraan dunia sudah 275 Grand Prix berhasil dimenangi, 37 kali mendapat tropi manufaktur, dan 38 gelar pebalap, di kategori 125cc sampai 500cc.

Dilansir gpone.com, Rabu (16/5/2018), MV Agusta memiliki kontrak bersama tim Forwad Racing untuk Moto2 selama empat tahun pada tahap awal dan punya opsi melanjutkan empat tahun lagi. Bisa dipahami salah satu alasan kuat keikutsertaannya karena mulai musim depan Moto2 menggunakan mesin baru 3-silinder 765cc Triumph yang sudah sangat dikenal MV Agusta.

Baca juga: Triumph Resmi Pasok Mesin untuk Moto2 2019

MV Agusta adakan kampanyekeselamatan berkendara dan tes ride Brutale 800Otomania/Setyo Adi MV Agusta adakan kampanyekeselamatan berkendara dan tes ride Brutale 800

Giovanni Cuzari, pemilik Forward Racing, menjelaskan, pihaknya sudah bekerja selama beberapa bulan dan yakin untuk menang. Dia mengatakan Brian Gillen, Technical Director MV Agusta R&D Departement, yang akan mengepalai proyek ini sekaligus bertugas mengembangkan sasis.

Pengembangan swing-arm menggandeng Suter, tim tes dikomandoi ahli teknis Mauro Noccioli dan nama-nama test rider akan diumumkan nanti.

“Saya pikir kami tidak mungkin mendapat kolaborasi yang lebih bagus dari ini,” ucap Cuzari.

Menurut Cuzari proyek ini bukan hanya operasi pemasaran. Dia mengungkap punya hasrat balapan dan  persahabatan yang sama dengan Presiden MV Agusta Giovanni Castiglioni.

“Waktu saya menggunakan warna MV Agusta di motor saya di Misano tahun lalu, kami sudah berpikir tentang proyek ini. Ini memang lebih lama dari yang kami duga, seseorang berusaha menahannya, tapi kami siap untuk start,” kata Cuzari.

“Castiglioni dan saya juga punya mimpi lain. Apa itu? Kami mau berpikir untuk segera ke MotoGP,” ucapnya lagi.


Komentar
Close Ads X