3 Komponen Penentu Harga Mobil Suzuki - Kompas.com

3 Komponen Penentu Harga Mobil Suzuki

Kompas.com - 16/05/2018, 10:03 WIB
Suzuki All New Ertiga di IIMS 2018Setyo Adi/Kompas.com Suzuki All New Ertiga di IIMS 2018

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan ada tiga komponen yang menentukan penetapan harga mobil Suzuki di dalam negeri. Direktur Pemasaran SIS Donny Saputra mengatakan, ketiganya adalah biaya produksi, regulasi, dan tingkat kompetisi.

“Biaya produksi itu ada man power, depresiasi investasi, fluktuasi mata uang kalau impor, dan lain sebagainya. Regulasi misalnya seperti Low Cost Green Car (LCGC) yang pagu atasnya diatur, luxury tax, atau BBN (Bea Balik Nama),” kata Donny, di Tangerang Selatan, Jumat (11/5/2018).

Penjelasan Donny soal kompetisi yaitu, bagaimana segmen tertentu dipersepsikan di negara tersebut. Misalnya harga low MPV dikatakan diterima pada angka Rp 180 juta – Rp 250 juta.

Baca juga: Begini Posisi Harga All New Ertiga di Antara Kompetitor

Suzuki All-New Ertiga 2018.SUZUKI.co.id Suzuki All-New Ertiga 2018.

Ertiga

Hitung-hitungan tiga komponen itu yang membuat SIS bisa mempertahankan harga Ertiga terbaru tidak melambung tinggi. Walau statusnya generasi baru, banderol All-New Ertiga paling mahal naik Rp 5 juta.

Baca juga: Ini Harga Resmi All New Ertiga, Naik Mulai Rp 2,5 Juta

Donny menyebut salah satu faktor penting soal harga All-New Ertiga yakni soal kandungan lokalnya mencapai 84 persen. Dia menyebut fluktuasi nilai tukar dollar Amerika Serikat pada Indonesia tidak terlalu berpengaruh pada nilai jual Ertiga.


Komentar
Close Ads X