Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Ertiga Punya Ribuan Komponen Berbeda

Kompas.com - 14/05/2018, 15:51 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Generasi baru Ertiga memiliki 42 persen komponen yang sama dengan model sebelumnya. Sedangkan 58 persen sisanya merupakan komponen baru.

Ignatius Ratrianto, Assistant Head Sparetparts Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, dari 2.200 komponen yang ada pada All-New Ertiga, sekitar 900 item komponen sama seperti model generasi pertama. Sedangkan sekitar 1.300 item komponen berbeda.

“Pada saat peluncuran di IIMS (Indonesia International Motor Show), suku cadang sudah kami kirim ke diler. Yang berbeda itupun sudah tersedia, jadi kalau konsumen membutuhkan sudah bisa kami kirim,” jelas Ignatius, di Tangerang Selatan, Rabu (9/5/2018).

Baca juga: Punya All-New Ertiga, Ini Biaya Pemakaian Selama 5 Tahun

All New Ertiga diperkenalkan Suzuki pertama kalinya di IIMS 2018 Kamis (19/4/2018)Kompas.com/Setyo Adi All New Ertiga diperkenalkan Suzuki pertama kalinya di IIMS 2018 Kamis (19/4/2018)

Perubahan generasi baru Ertiga dimulai dari sasis yang kini berbasis Heartech sama seperti Baleno dan Ignis. Dibanding model lama, walaupun bodinya membesar, bobot All-New Ertiga berkurang sekitar 50 kg.

All-New juga menggunakan mesin baru, yakni K15B 1.462cc bertenaga 103,2 tk dan torsi 138 Nm, menggantikan mesin lama K14B 1.373cc dengan 91 tk dan torsi 130 Nm.

Baca juga: Hitung Biaya Servis All-New Ertiga Selama 5 Tahun

SIS mengklaim walau menggunakan banyak komponen baru, biaya perawatan varian manual selama lima tahun tidak berbeda dibanding model lama. Selain itu, biaya pemakaian selama lima tahun malah turun sembilan persen dari model lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com