Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2018, 07:22 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com
– Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim biaya perawatan berkala generasi baru Ertiga tidak berbeda dari model sebelumnya. Dihitung selama pemakaian lima tahun atau 100.000 km, perawatan All-New Ertiga butuh biaya Rp 7.559.500 untuk manual dan Rp 7.370.000 untuk otomatis.

Dari hasil hitungan itu, rata-rata biaya servis yang perlu dikeluarkan konsumen per tahun sebesar Rp 1.511.900 untuk manual dan Rp 1.474.000 untuk otomatis.

“Kenapa yang otomatis lebih murah? Karena oli transmisi otomatis diganti setiap 40.000 km, kalau manual itu 20.000 km,” kata Riecky Patrayudha, Assistant to Departement Head Service SIS, Rabu (9/5/2018).

Baca juga: Usaha Suzuki Agar Cicilan dan Biaya Kepemilikan Ertiga Kompetitif

Daftar harga biaya perawatan berkala All-New Ertiga.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Daftar harga biaya perawatan berkala All-New Ertiga.

Pada varian manual biaya dikeluarkan untuk penggantian oli mesin dan saringan oli setiap enam bulan atau 10.000 km serta penggantian busi dan oli transmisi setahun sekali atau setiap 20.000 km.

Pada varian otomatis penggantian oli transmisi, cairan rem, coolant radiator, dan saringan udara diganti setiap dua tahun sekali atau 40.000 km.

“Biaya perawatan berkala kami, kalau dibanding saingan terdekat, kami lebih murah delapan persen,” ucap Riecky tanpa mau menyebut merek pesaing itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com