Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Suzuki dan Toyota Indonesia Soal Kolaborasi

Kompas.com - 13/05/2018, 10:35 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dua pemegang merek Toyota dan Suzuki di Indonesia mengatakan mempelajari soal kerja sama kedua prinsipal di India. Efek kolaborasi yang salah satu isinya saling suplai model itu ternyata belum tentu sampai ke Indonesia.

Baca juga: Suzuki dan Toyota Sepakat Tukaran Mobil di India

Head of Brand Development and Marketing Research Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel menjelaskan, pihaknya mengacu pada peraturan-peraturan yang dibuat oleh Suzuki Motor Corporation (SMC).

“Artinya kerja sama ini masih bersifat prinsipal, belum ada langkah-langkah kongkret yang sudah disebarkan oleh SMC kepada kami, sebagai perwakilan yang ada di Indonesia, untuk bagaimana ke depannya,” ujar Harold, Sabtu (28/4/2018).

Di India, Suzuki akan menyuplai hatchback Baleno dan SUV Vitara Brezza untuk dijual dengan merek Toyota. Sedangkan Toyota melakukan hal yang sama dengan sedan Corolla ke Suzuki.

“Kami belum bisa berkomentar lebih banyak soal caplok mencaplok dari masing-masing merek,” kata Harold.

Render Suzuki Vitara Brezza dengan emblem Toyota.INDIANAUTOSBLOG.com Render Suzuki Vitara Brezza dengan emblem Toyota.

Komentar Toyota

Wakil Presiden Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto juga mengatakan belum bisa berkomentar banyak soal kerja sama di India sebab mesti meminta konfirmasi dulu ke prinsipal di Jepang. Jadi dia belum bisa memberikan jawaban spesifik.

“Kami tidak ada komentar dulu, karena masih dipelajari lebih lanjut. Tapi kalau secara konsep kami dalam pemenuhan produk di Indonesia, kami melihatnya, satu dari konsumen, kedua ketersediaan produk seperti apa. Jadi kita memastikan apa yang kami bawa cocok untuk Indonesia,” ucap Henry, Kamis (3/5/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com