Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Komponen Isuzu Traga “Comotan” dari Saudara Sendiri

Kompas.com - 11/05/2018, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Isuzu Indonesia resmi cemplungkan Traga, produk barunya di segmen medium pikap, buat menantang Mitsubishi L300. Model itu juga diproduksi lokal dan akan diekspor pada 2019 nanti.

Tonton Eko, Product Development Division Head Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, soal platform Traga mengadopsi basis terbaru, dan tak sama dengan model-model Isuzu lainnya.

Namun berbicara soal komponen, penantang L300 ini menyomot beberapa milik saudara kandungnya di Isuzu. Tonton menyebut itu merupakan kelebihan, karena semua suku cadang sudah tersedia, dan rata-rata sudah dikenal semua mekanik, di bengkel resmi maupun non-resmi.

Baca juga : Isuzu Indonesia Siap Ekspor Traga

Isuzu Traga.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Isuzu Traga.

“Bicara platform, yang digunakan Traga merupakan yang terbaru, tapi soal komponen ada sekitar 68 persen sampai 70 persen common use dengan berbagai macam varian, mulai N-Series (Elf), D-Max dan Panther,” ujar Tonton, Rabu (9/5/2018).

“Sedikit lebih detail lagi, mesin pakai miliknya Panther, transmisi punya D-Max begitu juga axle dan steering system. Sementara kalau suspensi kami develop baru (belakang), tapi pada sisi depan dari D-Max,” kata Tonton.

Traga didukung mesin berkode 4JA1-L 2.500cc Diesel Direct Injection, yang bisa mengeluarkan tenaga sampai 80 PS dan torsi 19,5 kgm, dipasangkan dengan transmisi 5-percepatan. Model dengan Gross Vehicle Weight 2.950 kg ini, memiliki radius putar 4,5 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com