Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Wuling Patahkan Stigma Negatif Merek China

Kompas.com - 10/05/2018, 10:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Cikarang, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat Indonesia biasanya punya anggapan yang kurang baik terhadap merek asal China. Stigma negatif itulah yang ingin coba dipatahkan oleh Wuling Motors.

Hadir di Indonesia sejak pertengahan 2017, PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia menyatakan stigma negatif merek China mulai meluntur. Acuannya adalah angka penjualan.

"Kalau sekarang saya lihat sudah mulai tidak (stigma negatif) ya untuk konsumen Indonesia. Karena tercermin dari penjualan kita yang semakin meningkat," kata Brand Manager SGMW Motor Indonesia Dian Asmahani saat ditemui di Cikarang, Rabu (9/5/2018).

Baca juga : Wuling Fokus Hadapi Lebaran yang Pertama

Dian kemudian memperlihatkan angka penjualan Wuling selama Januari hingga April 2018 yang trennya terus mengalami peningkatan.

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pekerja menyelesaikan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun.

Pada Januari, penjualan Wuling tercatat hanya menjual produknya di angka Januari 927 unit, disusul 1.009 unit pada Februari, naik lagi menjadi 1.560 pada Maret, dan 1.720 pada April.

Angka tersebut merupakan data penjualan wholesales (pabrik ke diler) dari dua produk yang sudah diluncurkan Wuling di Indonesia, yakni Confero S dan Cortez.

Angka penjualan keseluruhan Confero tercatat mencapai 2.833 unit, sedangkan Cortez 2.383 unit.

Baca juga : Negara ASEAN Setir Kanan Jadi Target Ekspor Wuling Indonesia

"Sebenarnya kalau kita lihat semakin ke belakang konsumen Indonesia bisa melihat komitmen Wuling seperti apa. Dan kami juga melihat respon dan komen masyarakat terhadap produk Wuling, apalagi yang sudah pernah beli cukup positif," ucap Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com