Isuzu Indonesia Ikut Kembangkan Traga Sejak 2014 - Kompas.com

Isuzu Indonesia Ikut Kembangkan Traga Sejak 2014

Kompas.com - 10/05/2018, 09:42 WIB
Isuzu Traga, model pikap medium.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Isuzu Traga, model pikap medium.

Bogor, KOMPAS.com - Isuzu Astra Motor Indonesia resmi meluncurkan model barunya, Traga, pada pertengahan April Senin (23/4/2018). Ini merupakan produk global yang diperkenalkan pertama di Indonesia.

Menggunakan platform baru, medium pikap ini ternyata mulai dikembangkan sejak 2014 lalu, dan baru dipasarkan pada 2018. Kurang lebih prosesnya memakan waktu sampai empat tahunan.

“Pengembangannya di Indonesia dan di Jepang. Kala itu pada, 2014 kami diundang ke sana berdiskusi dengan Isuzuki Jepang, untuk mulai mengembangkan ini (Targa),”  ujar Tonton Eko, Product Development Division Head Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Rabu (9/5/2018).

Pada saat itu, kata Tonton, Isuzu Indonesia diminta untuk mengambarkan market pikap medium di dalam negeri, buat bersaing dengan salah satu pemain kuat di segmen tersebut (Mitsubishi L300).

Baca juga : Jualan Isuzu Tumbuh Dua Digit di 2017

Isuzu Traga, di segmen pikap medium.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Isuzu Traga, di segmen pikap medium.

“Mereka menyebut kira-kira Isuzu mau main di pikap medium dan bersaing dengan merek X, dan meminta masukan kami seperti apa penggunannya, kemudian market volume-nya berapa,” ujar Tonton.

Setelah berselang empat tahun, barulah muncul Isuzu Traga yang akan bersaing menantang L300. Diproduksi di dalam negeri, jagoan baru Isuzu ini punya tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 51 persen.

“Mayoritas komponen-komponen lokal untuk Traga, dikembangkannya juga bersama dengan kami juga,” ucap Tonton.

Traga didukung mesin yang sudah digunakan Panther, yaitu 4JA1-L 2.500cc Diesel Direct Injection bertenaga 80 PS dan torsi 19,5 kgm dengan transmisi 5-percepatan. Model dengan Gross Vehicle Weight 2.950 kg ini memiliki radius putar 4,5 m.


Close Ads X