Isuzu Indonesia Siap Ekspor Traga - Kompas.com

Isuzu Indonesia Siap Ekspor Traga

Kompas.com - 10/05/2018, 08:42 WIB
Isuzu Traga, model pikap medium.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Isuzu Traga, model pikap medium.

Bogor, KOMPAS.com – Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mendapatkan kucuran investasi baru untuk produksi penantang Mitsubishi L300, Traga. Bukan hanya buat pasar domestik, model di segmen pikap medium itu juga bakal diekspor.

Sayangnya, pihak IAMI belum mau membuka tabir soal jumlah gelontoran dana yang dikucurkan prinsipalnya di Jepang, untuk menjadikan Indonesia basis produksi.

“Kemungkinan pada akhir tahun ini kita akan ajukan ekspor, dan bisa saja (realisasinya) tahun depan. Buat negara tujuannya sendiri, kemungkinannya di Asia Tenggara (ASEAN),” ujar Beny Dwyanto, Product Marketing Department Head IAMI, Rabu (9/5/2018).

Baca juga : Pikap Baru Isuzu Traga Debut Dunia di Jakarta

Isuzu Traga, di segmen pikap medium.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Isuzu Traga, di segmen pikap medium.

Terkait dengan pengirimannya sendiri, kata Beny rencananya dalam bentuk completely built up (CBU). Soal negara mana yang akan menjadi sasarannya dan berapa proyeksi jumlah unitnya, masih belum mau diungkapkan Beny.

“Kemudian terkait dengan mesin Euro 4, ada beberapa negara yang membutuhkan itu, dan teknologi kami di Isuzu sebetulya sudah punya, tinggal disesuaikan dengan regulasi negara tertentu,” kata Beny.

Volume produksi Traga sampai akhir tahun 2019 ditargetkan mencapai 3.000 unit, dan hanya diperuntukkan pasar domestik saja, dan akan ditambah tahun depan seiring dengan pengiriman ke luar negeri.

Meski tak menyebutkan angka investasinya, pihak IAMI menyebut alokasi dana tersebut digunakan untuk mendatangkan molding (pencetakan), menyerap sekitar 100 karyawan baru dan yang lainnya.


Close Ads X