Rossi Masih “Ngomel” Soal Motornya

Kompas.com - 07/05/2018, 17:03 WIB

Jerez, KOMPAS.com – Terlepas dari rekor yang baru dicapainya di Jerez sepnajang 23 tahun jadi pebalap MotoGP, di sisi lain Valentino Rossi masih belum puas akan kerja tim Yamaha, untuk membuat motornya kompetitif.

Pada laga di Spayol kemarin, Minggu (6/5/2018), Rossi harusnya finish di urutan delapan, jika tragedi tiga pebalap jatuh tidak terjadi. Karena kecelakaan tersebut, Rossi menikmati tiga peringkat bonus, dengan ada di posisi kelima.

Namun, Rossi menyebut itu bukan kabar baik walaupun menguntungkannya. Entah Rossi maupun Maverick Vinales, memang sangat tersiksa akan masalah traksi yang parah, dan dianggap lagi-lagi biang masalahnya di setelan elektronik atau ECU M1.

“Bukan kabar baik dan bahagia pasca melalui balapan Jerez. Situasi teknis kami sekarang seperti ini. Memang benar itu tergantung pada lintasan, di mana ada yang menguntungan dan tidak,” kata Rossi dari Crash.net, Senin (7/5/2018).

Rossi mengakui kalau perbaikan memang butuh waktu, tapi dirinya meminta Yamaha untuk mempersingkat waktu tersebut, dan mulai berupaya keras.

Baca juga : Rekor Baru Velentino Rossi di GP Spanyol 2018

Valentino Rossi menjalani latihan bebas di Sirkuit Jerez, 5 Mei 2018.AFP/JAVIER SORIANO Valentino Rossi menjalani latihan bebas di Sirkuit Jerez, 5 Mei 2018.

“Namun, saya berharap Yamaha kasih dukungan maksimal untuk menjadi kompetitif. Sejujurnya, balapan Jerez buat cukup baik, saya memiliki kecepatan yang bagus, tetapi tanpa insiden di depan, saya hanya finis di urutan kedelapan,” ujar Rossi.

Fokus di Elektronik

Tim Yamaha nampaknya akan tetap berada di Jerez, untuk melakukan pengetesan. Rossi menyarankan, sebaiknya tim fokus untuk urusan elektronik, daripada sibuk dengan komponen-komponen baru untuk diuji. Pasalnya, 75 persen masalah M1 ada di sektor elektroniknya.

“Bagi saya pribadi, bagian mekanis sangat sedikit, dan terpenting elektronik perbandingannya 25:75 (persen). Saya berharap Yamaha akan memberikan 100 persen untuk memperbaiki masalah secepatnya,” kata Rossi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.