Deretan Mobil Listrik yang Menanti Terbitnya Regulasi

Kompas.com - 06/05/2018, 16:23 WIB
Salah satu Mercedes Benz E 350 e yang dalam proses pengisian listrik saat dipamerkan di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Kompas.com/Alsadad RudiSalah satu Mercedes Benz E 350 e yang dalam proses pengisian listrik saat dipamerkan di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia kini sedang menyusun peraturan terkait kendaraan dengan emisi rendah atau yang dikenal dengan istilah Low Carbon Emmision Vehicle (LCEV).

Peraturan inilah yang sedang ditunggu-tunggu para agen pemegang merek (APM) yang sudah berencana ingin memasarkan produk mobil listriknya di dalam negeri, baik full electric, plug in hybrid maupun sejenisnya.

Baca juga : Daftar Insentif Buat Produsen Mobil Listrik di Indonesia

Meski belum berjualan, beberapa APM ada yang sudah mengambil ancang-ancang dengan mulai memamerkan mobil listriknya di Indonesia. Mobil-mobil tersebut didatangkan langsung ke Indonesia dari negara asalnya. Ada yang dari Jerman, ada pula yang berasal dari Jepang.

Berikut daftarnya:

1. Mercedes E 350e

Untuk pabrikan Jerman, APM yang sudah mulai memamerkan mobil listriknya di Indonesia adalah Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Sejak ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Mercedes Indonesia sudah mulai memarkan E 350e. E 350e merupakan sedan empat pintu yang menggunakan tekonologi plug in hybrid.

Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 kemarin, Mercedes bahkan sudah memperkenalkan brand EQ untuk pasar Indonesia. Brand tersebut merupakan divisi khusus untuk mobil yang berteknologi ramah lingkungan.

Baca juga : Mercedes-Benz Kenalkan Merek Mobil Listrik

“Sekarang kita hadirkan pada model E 350, dan belum kita jual karena menunggu regulasi dari pemerintah dulu,” kata Deputy Director Sales Operation and Product Management Mercedes-Benz Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). 

Salah satu Mercedes Benz E 350 e yang dipamerkan di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Mercedes Benz E 350 e yang dipamerkan di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

 

2. BMW i3

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.