Benarkah BBM Indonesia Ideal untuk Mobil Eropa?

Kompas.com - 05/05/2018, 09:02 WIB
Audi R8 Competition di LA Auto Show LeftlanenewsAudi R8 Competition di LA Auto Show
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com — Indonesia dan negara-negara Eropa memiliki standar yang berbeda terkait emisi.

Saat Eropa sudah mencapai standar Euro VI dan mau memasuki Euro VII, Indonesia masih berada di level Euro II dan baru bersiap memasuki era Euro IV.

Baca juga: Standar EURO IV Persiapan Menuju Era Kendaraan Listrik

Perbedaan standar ini tentu berdampak ke bahan bakar minyak (BBM).

Selaku distributor Audi di Indonesia, Marketing and PR Department Manager PT Garuda Mataram Motor (GMM) Herry Noverino menjelaskan, hampir semua produk Audi yang dipasarkan di Indonesia diimpor langsung dari negara asalnya, Jerman.

Namun, ada perbedaan standar emisi antara mobil yang beredar di Indonesia dengan yang ada di Eropa. Jika mobil-mobil Audi di Eropa sudah menggunakan standar emisi Euro VI, maka yang dijual di Indonesia maksimal hanya Euro IV.

Dua unit mobil Audi yang dipajang di mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (2/5/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Dua unit mobil Audi yang dipajang di mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Menurut Herry, perbedaan standar emisi disebabkan adanya perbedaan kualitas BBM. Sampai sejauh ini, Herry menyebut belum ada jenis BBM di Indonesia yang memenuhi standar Euro VI.

Karena itu, Herry menyebut unit-unit Audi yang didatangkan dari Jerman ke Indonesia tidak ada yang menggunakan standar Euro VI. Sebab, jika menggunakan standar tersebut, dikhawatiran mobil malah tidak akan bisa dipakai.

"Kalau memakai bahan bakar yang ada, bisa-bisa mesinnya jebol," ucap Herry.

Baca juga: Bus Baru Transjakarta Belum Standar Emisi Euro VI

Salah satu sedan Mercedes Benz bekas yang dipajang di diler 81, Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu sedan Mercedes Benz bekas yang dipajang di diler 81, Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2018).

Di sisi lain, Department Manager Public Relation PT Mercedes-Benz Distribution Dennis Kadaruskan menjelaskan, semua produk mobil penumpang bermesin bensin Mercy yang didistribusikan di Indonesia sudah memenuhi standar Euro VI. 

Sementara yang bermesin diesel masih menggunakan standar Euro IV. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X