Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Baru Ertiga Dikembangkan di Indonesia

Kompas.com - 04/05/2018, 09:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Ertiga generasi kedua menggunakan mesin baru, yaitu K15B. Sebelumnya, low multi purpose vehicle (LMPV) jagoan Suzuki itu menggendong jantung pacu tipe K15B, yang juga digunakan pada Swift.

Bukan hanya diproduksi di pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, ternyata mesin teranyar itu juga ikut dikembangkan di Indonesia, sehingga diklaim sesuai dengan kondisi dan kebutuhan konsumen Tanah Air.

"Semua pengembangan, termasuk mesin baru ini kita buat di Indonesia, begitu juga untuk ekspor," kata Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum lama ini kepada KOMPAS.com di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Suzuki Siapkan Penyegaran Karimun Wagon R

Donny menjelaskan, tipe mesin terbaru itu juga sudah siap dengan regulasi Euro IV, sehingga apabila pemerintah telah menerapkan aturan baru, tidak perlu khawatir atau repot karena sudah disesuaikan.

Ekspor

Mesin terbaru ini kata Donny, juga akan diekspor bersamaan unit utuh Ertiga ke beberapa negara di dunia. Pabrik Suzuki di Cikarang memiliki teknologi canggih, bahkan lebih modern dibandingkan pabrik Suzuki di negara lain.

"Kita untuk ekspor juga tetap menggunakan mesin baru ini (K15)," ucap Donny.

Selain mesin, pabrik tersebut juga memproduksi transmisi untuk pasar domestik dan luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com