Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sienta Tersendat, Wuling Cortez Melesat

Kompas.com - 02/05/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com — Memantau pergerakan pemain baru dari China Wuling Cortez, yang ada di segmen MPV medium, ternyata terus mengalami pertumbuhan positif tiap bulan pada kuartal I-2018.

Berada di posisi tiga teratas, Cortez dengan mesin 1.8L memiliki angka wholesales sampai 1.445 unit. Model ini baru saja diperkenalkan pada akhir 2017, dengan modal fitur-fitur mewah dan kenyamanan kabinnya, tak heran jika banyak peminatnya.

Pada Januari, Cortez hanya dikirim 372 unit, lalu pada Februari 444 unit, dan pada bulan ketiga  mereka  memperoleh 629 unit.

Meski begitu, secara keseluruhan, segmen ini masih dikuasai absolut oleh Innova, yang berhasil mencapai 14.675 unit. Pangsa pasar jagoan Toyota ini sebesar 77,74 persen, dan mengalami kenaikan dibanding periode sebelumnya yang kontribusinya hanya 61,60 persen.

Baca juga: BMW Belum Rasakan Kerugian Jadi Anggota Gaikindo

Wholesales MPV Medium kuarta I/2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wholesales MPV Medium kuarta I/2018 (diolah dari data Gaikindo).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Grand Livina berada di kategori MPV medium dan mencapai wholesales sampai 1.553 unit, dengan jatah 8,23 persen.

Sienta Tersendar, Panther Apa Adanya

Pemain lainnya seperti Sienta, perjalanannya tampak tersendat dengan penurunan drastis dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu, rata-rata penjualannya per bulan ada di angka 1.819 unit, sementara saat ini hanya 290-an unit.

Jika menghitung secara total, pada kuarta I-2018 wholesales-nya hanya 871 unit, atau turun 84,04 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Entah, apakah Toyota Indonesia sudah balik modal atau belum dari investasi produksi Sienta.

Kemudian, Panther yang hadir apa adanya, penjualannya konstan di angka 100–an unit saja per bulan. Masih belum ada kejelasan apakah Isuzu akan melakukan perombakan pada model Panther miliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com