Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Platform Ertiga Generasi Terbaru

Kompas.com - 25/04/2018, 10:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Ertiga mengusung banyak perubahan dari model terdahulu. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengugkapkan Ertiga terbaru ini bahkan memiliki teknologi platform yang sama dengan saudaranya dari versi hot hatchback, Suzuki Swift Sport.

"Selain bawa mesin baru (K15B), ini pakai platform yang sama dengan Swift Sport. Jadi benar-benar full model change," ucap Direktur Pemasaran 4W PT SISI Donny Saputra saat di IIMS 2018.

Secara sederhana, platform Heartect yang digunakan di Ertiga terbaru ini adalah frame yang utuh, tersambung. Berbeda dengan platform sebelumnya yang dibuat secara tersegmentasi, bagian per bagian.

Akibatnya, penggunaan platform baru ini meningkatkan kekakuan bodi bagian bawah. Bentuknya yang halus dan melengkung menyebarkan energi dengan lebih efisien ketika terjadi benturan.

Baca juga : Minat Ertiga Lawas, Stoknya Masih Ribuan

Kelebihan lainnya, platform Heartect ini memiliki bobot lebih ringan dibanding model terdahulu. Platform yang menjadi satu juga mengurangi kebisingan dan getaran.

Namun yang paling terasa dari penggunaan platform baru ini, Ertiga terbaru jadi punya ukuran bodi yang lebih panjang 130 mm dari model sebelumnya. Implikasinya, ruang kabin jadi bertambah luas.

Penggunaan baja ultra high tensile juga membuat bobot bodi 6 kilogram lebih ringan dari yang terdahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com