Tanda Tangan Jokowi di Sepeda Listrik Buatan Mahasiswa

Kompas.com - 19/04/2018, 13:10 WIB
Tanda tangan Jokowi di sepeda listrik buatan mahasiswa. Setyo Adi/Kompas.comTanda tangan Jokowi di sepeda listrik buatan mahasiswa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya dke IIMS 2018, menyempatkan diri menengok mobil ramah lingkungan karya mahasiswa Indonesia, di hall C3 JI Expo Kemayoran, Kamis (19/4/2018).

Presiden Joko Widodo menengok satu persatu empat kendaraan ramah lingkungan dari mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya dan Politeknik Bandung.

Presiden Jokowi sempat berhenti cukup lama di salah satu karya milik mahasiswa UII. Kendaraan ramah lingkungan berupa sepeda listrik itu, rupanya menarik perhatian orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Bagus ini, unik bentuknya. Seberapa cepat kecepatannya?" ucap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ekspor Produk Otomotif Bakal Fokus di Pelabuhan Patimban

Perwakilan komunitas electric car students Yanuar Anaba (25) menjawab pertanyaan presiden bahwa sepeda tersebut dapat melaju 60 kilometer per jam.

Tidak sampai disitu, Yanuar juga mempersilahkan presiden Jokowi untuk menandatangani sepeda listrik tersebut. Tak berapa lama presiden membubuhkan tanda tangannya di sepeda tersebut.

Sepeda dengan sebutan PitX tersebut menggunakan permanen BLDC Magnetic motor dengan daya 1.000 watt dan kapasitas baterai 2.000 wh.  Kecepatan maksimalnya 60 kpj dengan torsi 60 Nm. Sepeda ini mampu menempuh jarak 100 km

Yanuar menceritakan, dirinya bersama rekan-rekannya yang lain mendirikan perkumpulan ini untuk menampung semangat kreatif para mahasiswa di Indonesia.

"Biasanya mahasiswa yang buat kendaraan seperti ini setelah lulus bingung mau kemana. Industrinya belum ada. Jadi adanya perkumpulan ini jadi seperti wadah bagi mahasiswa kreatif. Tadi saya ungkapkan ke pak presiden seperti itu," ucap Yanuar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X