Ekspor Produk Otomotif Bakal Fokus di Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 19/04/2018, 12:06 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah sedang berupaya mempercepat penyelesaian pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sebab salah satu kegiatan yang akan difokuskan di pelabuhan tersebut adalah ekspor produk otomotif nasional ke luar negeri.

Menurut Jokowi, keberadaan Pelabuhan Patimban dapat mengefisienkan biaya ekspor produk otomotif Indonesia ke luar negeri.

Baca juga : Apresiasi Jokowi buat Ekspor Komponen Otomotif

"Pelabuhan Patimban dipecepat agar ekspor otomotif punya pelabuhan demi efisiensi biaya. Sehingga (produknya) bisa bersaing," kata Jokowi usai menghadiri pembukaan Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Presiden Joko Widodo melihat motor modifikasi yang dipajang di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo melihat motor modifikasi yang dipajang di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Jokowi menyatakan saat ini industri otomotif nasional makin berkembang. Tidak cuma kendaraan utuh, tapi juga komponennya.

Ia ingin kegiatan ekspor industri otomotif ke depannya juga menyasar ke kendaraan modifikasi custom.

Baca juga : Astra Tertarik Jadi Operator Pelabuhan Patimban

"(Produk custom) ini punya peluang besar untuk dieskpor. Karena sangat menjanjikan dikembangkan pada masa mendatang," ucap Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.