Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Ganjil-Genap di Tol Jagorawi dan Tangerang Dimulai

Kompas.com - 16/04/2018, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Uji coba sistem ganjil-genap di Ruas Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Jakarta-Tangerang, dimulai Senin (16/4/2018). Aturan itu berlaku setiap Senin-Jumat (kecuali hari libur nasional) pukul 06.00-09.00 WIB.

Penerapan skema ganjil-genap untuk ruas Jagorawi berlaku di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 arah Jakarta. Sementara di Tol Tangerang diterapkan di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2 arah Jakarta.

Bukan hanya itu, Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) juga menginisiasikan paket kebijakan di kedua Ruas Jalan Tol tersebut.

Misal, Penerapan Lajur Khusus Kendaraan Umum (LKAU) dari Bogor-Pasar Rebo arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional.

Baca juga: Seberapa Efektif Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi?

Selain itu, ada juga pembatasan angkutan barang (kendaraan Golongan III-V) mulai dari Tol Cikupa-Tomang untuk 2 arah mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.

Seluruh paket kebijakan itu diuji coba mulai hari ini, dan akan diterapkan pada awal Mei 2018. Bahkan, ketika sudah dimulai bakal ada petugas yang beroperasi di akses GT Cibubur 2, GT Tangerang 2, dan GT Kunciran 2.

Satu bulan penuh, petugas tidak akan melakukan tindakan kepada pengemudi yang melanggar. Tetapi, akhir Mei 2018 Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Metro Jaya langsung menghukum bagi pelangar di gerbang tol yang telah diberlakukan paket kebijakan tersebut.

Skema ganjil-genap ini diperluas ke dua Jalan Tol, karena dinilai efektif mampu mengurahi kemacetan. Lantas, apakah cara ini akan kembali berhasil? Bagaimana menurut Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com