Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Canggih Motor Listrik TVS Layaknya Mobil Mewah

Kompas.com - 15/04/2018, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Merek sepeda motor asal India TVS bakal menyematkan teknologi canggih untuk semua model skuter listriknya, Park Assist System (PAS). Sekilas, teknologi tersebut lebih sering didengar untuk kendaraan roda empat.

Lewat nama fiturnya saja, sudah bisa ditebak kalau teknologi tersebut akan digunakan untuk membantu memarkirkan kendaraan. Melansir Indianautosblog, Sabtu (14/4/2018) kalau sistem tak hanya membantu gerakan mundur tapi juga maju, saat parkir di tempat sempit.

Sistem juga akan mengolah informasi soal kecepatan, posisi throttle dan kondisi rem ke dalam kuasanya, dan kemudian memberikan rekomendasi gerakan yang sesuai. Pada gerakan maju, PAS membantu dengan mengontrol kecepatan hanya di bawah 6 km per jam.

Baca juga : Skuter Listrik Viar Q1 Sudah sampai Sulawesi

Skuter listrik konsep TVS Creon.INDIANAUTOSBLOG Skuter listrik konsep TVS Creon.

Kemudian pada saat mundur, sistem akan aktif ketika kecepatan berada di titik 0 kpj, di mana throttle akan tertutup. Lalu ketika gerakan roda belakang melintasi posisi 90 derajat, maka sistem akan aktif dan membantu mundur skuter pada kecepatan 3-4 kpj.

Pada saat PAS aktif, maka secara otomatis lampu hazard akan menyala, dan panel intrumen akan memberikan keterangan “Parking Assist On”. Bukan hanya urusan parkir, sistem ini juga menjadi kecepatan ketika sedang melalui jalan menurun, dan secara otomatis mengaktifkan rem ketika melampaui kecepatan yang ditetapkan.

Rumor yang beredar, kalau saat ini TVS punya skuter listrik konsep Creon yang kemungkinan versi produksi massalnya, akan menjadi skuter listrik pertama untuk mendapatkan fitur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com