Kenali Bedanya Mesin Motor Manual dengan Matik

Kompas.com - 11/04/2018, 15:25 WIB
Bagian mesin motor skutik Otomania/Setyo AdiBagian mesin motor skutik
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com — Transmisi sepeda motor pada umumnya terbagi atas dua jenis, yakni manual dan matik. Manual biasanya terbagi lagi menjadi kopling dan tanpa kopling. Penggunaan suatu sistem transmisi pada sepeda motor ternyata dipengaruhi oleh jenis mesin.

Isadat Salam, Technical and Training Service Engineer Motul Indonesia, menjelaskan secara sederhana, motor manual menggabungkan ruang mesin dengan kopling dan transmisi. Sementara pada motor matik, transmisi tidak berada di ruang mesin.

Baca juga: Ganti Oli Jangan Berdasarkan Acuan Kilometer

"Jadi, kalau untuk motor matik, teknologinya seperti CVT (continuously variable transmission) yang ada di mobil. Mesinnya sendiri, transmisinya sendiri. Jadi terpisah," kata Salam di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.onlythefew.wordpress.com Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.

Menurut Salam, adanya perbedaan ini yang membuat motor manual tidak bisa menggunakan oli motor matik. Begitu pun sebaliknya. Sebab, masing-masing oli sudah diproduksi menyesuaikan dengan peruntukannya.

Salam mengatakan, pada motor manual, oli mesin juga berfungsi sebagai oli transmisi. Namun tidak demikian dengan motor matik. Posisi transmisi yang tidak berada di ruang mesin membuatnya membutuhkan oli sendiri. Oli inilah yang dikenal dengan nama oli gardan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Benarkah Mitos Ganti Oli di Pagi Hari ?

"Kalau untuk motor manual, satu oli untuk tiga purpose. Sementara di motor matik, hanya untuk mesinnya saja. Itulah kenapa motor matik perlu oli khusus," ucap Salam.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X