Presiden Indonesia dan Sepeda Motor Mereka

Kompas.com - 10/04/2018, 17:02 WIB
Presiden Indonesia dan sepeda motornya. ISTIMEWAPresiden Indonesia dan sepeda motornya.

Jakarta, KOMPAS.com — Awal 2018 ini, dunia otomotif roda dua dalam negeri ramai memperbincangkan Presiden Joko Widodo yang baru membeli motor modifikasi. Tak hanya itu, Presiden Jokowi kemudian juga mengajak kuda besinya turun ke jalan umum, atau touring ala-ala komunitas biker.

Sebagai seorang pemimpin negeri, ini tentu langsung menjadi sorotan khalayak umum. Pertanyaanya kemudian, apakah hanya Presiden Jokowi yang memiliki kenangan bersama motornya, bagaimana Presiden Indonesia sebelumnya?

Berikut ulasannya.

Mantan Presiden Soekarno saat menunggangi sepeda motor.ISTIMEWA Mantan Presiden Soekarno saat menunggangi sepeda motor.

Soekarno

Meski tak ada video saat dirinya menunggangi sepeda motor, presiden pertama Indonesia ini sempat tertangkap kamera sedang menaikinya sambil tersenyum lepas. Dari penelusuran Kompas.com, tak banyak informasi yang bisa didapat terkait foto dan motor apa yang ada bersama Soekarno.

Namun, tampak dari sisi samping, serupa dengan motor asal Inggris BSS B33  lansiran 1952. Motor tersebut punya kapasitas mesin 500cc satu silinder, di mana punya tenaga sampai 23 bhp @5.500 rpm.

Sementara itu, persis di eranya, Soekarno juga punya kisah dengan skuter ikonik Vespa yang diberikan kepada para pasukan Kontigen Garuda II yang sudah selesai bertugas menjaga perdamaian di Kongo pada 1960-an. Hingga sekarang, skuter tersebut familiar disebut “Vespa Kongo”.

Presiden Soeharto dan Menteri Riset dan Teknologi BJ Habibie mengendarai Harley Davidson di halaman Istana Negara, Jakarta, Minggu, 1 September 1996.

(ARSIP FOTO) HO / AP / BECK TOHI Presiden Soeharto dan Menteri Riset dan Teknologi BJ Habibie mengendarai Harley Davidson di halaman Istana Negara, Jakarta, Minggu, 1 September 1996.

Soeharto

Presiden dengan masa bakti terlama di Indonesia ini juga punya ketertarikan terhadap sepeda motor, tentu saja dengan cc besar (moge). Banyak beredar foto-foto Soeharto mengendarai motornya berkeliling Istana bersama para koleganya di pemerintahan atau militer.

Menanyakan kepada biker kawakan yang juga pencinta Harley Davidson, Alfa mengatakan, motor yang ditunggangi Soeharto merupakan Harley Davidson Heritage Softail with Sidecar lansiran tahun 1996.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X