Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Indonesia dan Sepeda Motor Mereka

Kompas.com - 10/04/2018, 17:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com — Awal 2018 ini, dunia otomotif roda dua dalam negeri ramai memperbincangkan Presiden Joko Widodo yang baru membeli motor modifikasi. Tak hanya itu, Presiden Jokowi kemudian juga mengajak kuda besinya turun ke jalan umum, atau touring ala-ala komunitas biker.

Sebagai seorang pemimpin negeri, ini tentu langsung menjadi sorotan khalayak umum. Pertanyaanya kemudian, apakah hanya Presiden Jokowi yang memiliki kenangan bersama motornya, bagaimana Presiden Indonesia sebelumnya?

Berikut ulasannya.

Mantan Presiden Soekarno saat menunggangi sepeda motor.ISTIMEWA Mantan Presiden Soekarno saat menunggangi sepeda motor.

Soekarno

Meski tak ada video saat dirinya menunggangi sepeda motor, presiden pertama Indonesia ini sempat tertangkap kamera sedang menaikinya sambil tersenyum lepas. Dari penelusuran Kompas.com, tak banyak informasi yang bisa didapat terkait foto dan motor apa yang ada bersama Soekarno.

Namun, tampak dari sisi samping, serupa dengan motor asal Inggris BSS B33  lansiran 1952. Motor tersebut punya kapasitas mesin 500cc satu silinder, di mana punya tenaga sampai 23 bhp @5.500 rpm.

Sementara itu, persis di eranya, Soekarno juga punya kisah dengan skuter ikonik Vespa yang diberikan kepada para pasukan Kontigen Garuda II yang sudah selesai bertugas menjaga perdamaian di Kongo pada 1960-an. Hingga sekarang, skuter tersebut familiar disebut “Vespa Kongo”.

Presiden Soeharto dan Menteri Riset dan Teknologi BJ Habibie mengendarai Harley Davidson di halaman Istana Negara, Jakarta, Minggu, 1 September 1996.

(ARSIP FOTO) HO / AP / BECK TOHI Presiden Soeharto dan Menteri Riset dan Teknologi BJ Habibie mengendarai Harley Davidson di halaman Istana Negara, Jakarta, Minggu, 1 September 1996.

Soeharto

Presiden dengan masa bakti terlama di Indonesia ini juga punya ketertarikan terhadap sepeda motor, tentu saja dengan cc besar (moge). Banyak beredar foto-foto Soeharto mengendarai motornya berkeliling Istana bersama para koleganya di pemerintahan atau militer.

Menanyakan kepada biker kawakan yang juga pencinta Harley Davidson, Alfa mengatakan, motor yang ditunggangi Soeharto merupakan Harley Davidson Heritage Softail with Sidecar lansiran tahun 1996.

Dari data spesifikasi, motor besar milik presiden nomor dua tersebut bermesin V2 empat langkah 1.338 cc, dengan transmisi 5-percepatan. Sampai saat ini, masih belum ada kabar ke manakah wujud motornya tersebut, karena menarik jika bisa dipublikasi, dan menjadi catatan sejarah dunia roda dua dalam negeri.

BJ Habibie bersama dengan motor Bad Boy kesayangannya.ISTIMEWA BJ Habibie bersama dengan motor Bad Boy kesayangannya.

BJ Habibie

Sosok pengganti Soeharto setelah lengser pada 1998 ini menyimpan kenangan juga dengan sepeda motornya. Dipajang di Museum Bank Mandiri Jakarta pada pameran “Cinta Sang Inspirator Bangsa Kepada Negeri”, Habibie sempat berpose bersama motornya.

Motor kesayangannya itu adalah Harley Davison Bad Boy yang berbasis Springer Softail. Mesin yang disematkan berkapasitas 1.340 cc. Dari pemberitaan media-media asing, model yang dikeluarkan pabrikan Milwaukee ini tak banyak dibeli orang, hingga akhirnya disuntik mati.

Dari keterangan foto di Museum Bank Mandiri, awal mula kecintaan Habibie terhadap motor besar adalah karena saran dokter bahwa guncangan ketika mengendarai motor besar baik untuk penyembuhan jahitan tubuhnya pascaoperasi jantung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com