Kompas.com - 09/04/2018, 08:01 WIB
Presiden Joko Widodo menjajal motor Chopper di Sukabumi, Minggu (8/4/2018). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo menjajal motor Chopper di Sukabumi, Minggu (8/4/2018).

Jakarta, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo ternyata tak mau hanya  membeli motor “chopper”  dari Elders Garage dan Kick Ass Chopper. Selayaknya biker lain, memang kurang sedap jika motor modifikasinya tak digeber touring.

Terkait keraguan legalitas motornya yang sempat ramai, Jokowi juga sempat memamerkan surat kelengkapan Chopper kesayangannya yang sudah sesuai dengan aturan lalu lintas kepada awak media sebelum touring dimulai. 

Usai urusan kelengkapan surat motornya, selanjutnya bagaimana helm yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo, apakah sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI)? Sebagai pemimpin negara, tentunya patut jadi contoh untuk mematuhi segala aturan yang berlaku.

Berdasarkan informasi dari Heret Frasthio, Founder Elders Garage tempat Presiden membeli Chopper dan apparel biker (termasuk helm),  perlengkapan yang digunakan Presiden Jokowi khususnya pelindung kepala atau helm dipastikan sudah  SNI.

Parameter

Tentu saja, sebagai sebuah perlengkapan kendaraan bermotor yang wajb dipakai, tertulis di LLAJ pasar 57 Ayat 1 dan 2, helm sebagai perlengkapan wajib bagi sepeda motor harus memenuhi SNI.

Baca juga: Ditemani Puluhan Biker, Presiden Jokowi Touring Pakai Chopper di Sukabumi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc bergaya chopper di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc bergaya chopper di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018).

Konstruksi helm yang sesuai standar mengacu pada SNI 1811-2017 merupakan revisi SNI No  09-1811-1990, dengan mengadopsi dari standar internasional Rev. 1/add. 21/Rev.4 dari E/ECE/324 dan E/ECE/TRANS/505 Regulation No.22, uniform provision concerning the approval of protective helmets and visors for drivers and passangers of motor cycles and mopeds, BS 6658:1985, Protective Helmet for Motorcyclists, dan JIS T 8133:2000, Protective Helmet for Drivers and Passangers of Motor Cycle and Mopeds.

Jenis helm yang digunakan Presiden Joko Widodo,  menurut SNI 1811-2017 adalah helm standar terbuka, yang menutup kepala sampai bagian leher, dan menutup depan kuping dan telinga. Sementara bagian mulutnya tak tertutup.

Ketentuan

Sebagai informasi tambahan, konstruksi helm SNI harus memenuhi syarat sebagai berikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.