Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putih Masih Jadi Favorit Konsumen Mobil Bekas

Kompas.com - 08/04/2018, 12:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Warna menjadi salah satu pertimbangan masyarakat ketika akan membeli kendaraan. Khusus bahas soal pasar mobil bekas (mobkas), pada dua tahun terakhir ini ternyata yang sedang jadi favorit mobil berbalut tinta putih.

Bayu Januar Head of Operation Development mobil88 mengatakan, kalau warna mobil di pasar mobkas sebenarnya tidak akan berbeda jauh dengan mobil baru. Seperti misalnya mobil baru banyak terjual warna hitam, silver, atau putih, maka praktis di mobkas juga ada banyak unit warna.

“Kalau melihat tren dua tahun terakhir, warna putih sedang dipilih konsumen, tapi mungkin pada tahun-tahun mendatang akan ada tren warna baru lagi. Itu pun sebenanrnya juga tergantung tipe mobilnya, seperti city car, warna cerah masih lebih banyak diminati konsumen,” kata Bayu kepada Kompas.com, Kamis (5/4/2018).

Hal senada juga dilontarkan Dave Elisa, pemilik showroom mobkas premium Devy Jaya Motor (DJM) di Rawamangun, Jakarta Timur. Dave menyebutkan juga dalam beberapa tahun ini putih memang jadi incaran.

Baca juga : Jangan Beli Mobil Bekas Sebelum Lakukan Lima Hal Ini

Salah satu sedan Mercedes Benz bekas yang dipajang di diler Bryan Auto Gallery, Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu sedan Mercedes Benz bekas yang dipajang di diler Bryan Auto Gallery, Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2018).

“Dahulu warna putih itu tak begitu diminati konsumen, tapi dua tahun terakhir booming kembali. Bahkan sudah sampai menyamai kepopuleran mobil warna hitam,” ucap Dave yang juga pecinta motor besar ini.

Alasan Pilih Warna

Bayu menambahkan, kalau masyarakat memilih warna mobil tertentu pertimbangannya sangat beragam. Mulai dari yang hanya sekedar ikut tren, mudah dirawat, atau memang benar-benar fanatik dengan warna tertentu.

“Ada yang pilih karena selera atau sangat suka terhadap warna tertentu, ada juga lantaran warna tersebut dianggap netral sehingga mudah di rawat, serta ikut tren. Bisa ambil contoh seperti unit premium, banyak yang mengambil warna hitam karena menurut mereka lebih terkesan elegan dan mewah,” kata Bayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com