Australia Pasar Potensial Sedan dari Indonesia

Kompas.com - 04/04/2018, 15:22 WIB
TMMIN Siap Eksport Toyota Yaris sedan StanlyTMMIN Siap Eksport Toyota Yaris sedan
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Mobil sedan dianggap masih kurang peminat di Indonesia. Tapi tidak demikian di Australia. Hal itulah yang melatarbelakangi pemerintah mendorong produsen otomotif dalam negeri untuk meningkatkan produksi sedan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut, ada potensi yang luar biasa dari kegiatan ekspor sedan ke negeri kanguru itu. Karena itu, pemerintah berencana ingin menurunkan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) sedan. Tujuannya agar semakin banyak produsen otomotif dalam negeri yang memproduksi mobil jenis tersebut.

Baca juga : Toyota Indonesia Siapkan New Vios untuk Australia

"Industri di Australia sedang kosong. Jadi itu potensi luar biasa. Makanya kita berencana menurunkan PPNMBM agar produsen bisa menjual sedan tidak hanya di dalam negeri, tapi juga diekspor," kata Airlangga saat ditemui di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

Belum lama ini, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menyebut diluncurkannya New Vios bertujuan untuk merespons keinginan pemerintah. Selama ini, kebutuhan sedan di pasar otomotif Australia mengandalkan pasokan dari Singapura dan Thailand.

"Kenapa mesti jauh-jauh, padahal kan Indonesia lebih dekat. Jadi dari situlah kemudian kita memproduksi New Vios," ucap Soerjo.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X