Toyota Indonesia Siapkan New Vios untuk Australia

Kompas.com - 04/04/2018, 11:24 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia baru saja mengumumkan peluncuran New Vios. Peluncuran Vios dilakukan di tengah masih rendahnya peminat sedan mini di pasar domestik.

Namun ada alasan khusus di balik dihadirkannya Vios terbaru ini. Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan Vios diluncurkan untuk mendukung kebijakan pemerintah yang tengah mendorong ditingkatkannya produksi sedan, salah satunya dengan cara menurunkan pajak mobil jenis ini.

Baca juga : Pasar Sedan Mini Dibagi untuk Honda City dan Toyota Vios

Menurut Soerjo, tujuan pemerintah mendorong produksi sedan sebenarnya bukan untuk pasar domestik. Melainkan untuk kebutuhan pasar otomotif salah satu negara terdekat Indonesia, yakni Australia.

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

"Ending pemerintah tidak ke arah domestik market, tapi ekspor, khusunya Australia. Ada peluang industri yang bisa dibawa ke Australia," kata Soerjo saat ditemui di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Soerjo menuturkan dari hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke negeri kangguru, diketahui bahwa kini tidak ada lagi produksi mobil di sana. Jokowi, kata Soerjo, kemudian berkonsultasi dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengenai produk otomotif asal Indonesia yang berpotensi dijual di Asutralia. Airlangga kemudian menjawab sedan.

Baca juga : Soal Ekspor Sedan, Daihatsu Indonesia Pantau Australia

"Selama ini Australia mengimpor sedan dari Singapura dan Thailand. Kenapa mesti jauh-jauh, padahal kan Indonesia lebih dekat. Jadi dari situlah kemudian kita memproduksi New Vios," ucap Soerjo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.