Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Siapkan New Vios untuk Australia

Kompas.com - 04/04/2018, 11:24 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia baru saja mengumumkan peluncuran New Vios. Peluncuran Vios dilakukan di tengah masih rendahnya peminat sedan mini di pasar domestik.

Namun ada alasan khusus di balik dihadirkannya Vios terbaru ini. Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan Vios diluncurkan untuk mendukung kebijakan pemerintah yang tengah mendorong ditingkatkannya produksi sedan, salah satunya dengan cara menurunkan pajak mobil jenis ini.

Baca juga : Pasar Sedan Mini Dibagi untuk Honda City dan Toyota Vios

Menurut Soerjo, tujuan pemerintah mendorong produksi sedan sebenarnya bukan untuk pasar domestik. Melainkan untuk kebutuhan pasar otomotif salah satu negara terdekat Indonesia, yakni Australia.

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

"Ending pemerintah tidak ke arah domestik market, tapi ekspor, khusunya Australia. Ada peluang industri yang bisa dibawa ke Australia," kata Soerjo saat ditemui di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Soerjo menuturkan dari hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke negeri kangguru, diketahui bahwa kini tidak ada lagi produksi mobil di sana. Jokowi, kata Soerjo, kemudian berkonsultasi dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengenai produk otomotif asal Indonesia yang berpotensi dijual di Asutralia. Airlangga kemudian menjawab sedan.

Baca juga : Soal Ekspor Sedan, Daihatsu Indonesia Pantau Australia

"Selama ini Australia mengimpor sedan dari Singapura dan Thailand. Kenapa mesti jauh-jauh, padahal kan Indonesia lebih dekat. Jadi dari situlah kemudian kita memproduksi New Vios," ucap Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com