Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April 2018, Diskon Mobil Sejuta Umat Tembus Rp 30 Juta

Kompas.com - 04/04/2018, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com — Diskon untuk segmen low multipurpose vehicle (LMPV) awal April ini, masih tinggi, relatif sama seperti bulan sebelumnya, Maret 2018. Perbedaan angka belum terlalu signifikan, hanya Rp 3 juta-Rp 5 juta.

Hal itu seperti yang ditawarkan tenaga penjual diler Toyota di kawasan Jakarta Timur. Ketika ditemui Kompas.com di salah satu pusat perbelanjaan akhir pekan lalu, potongan harga buat Avanza ditawarkan Rp 15 juta-Rp 18 juta.

"Berlaku buat konsumen yang beli kredit atau tunai. Diskonnya belum terlalu besar, biasanya menjelang Lebaran baru mulai besar," kata pramuniaga yang identitasnya dirahasiakan Kompas.com.

Berbeda dengan Avanza, kembarannya Daihatsu Xenia ditawarkan dengan diskon lebih besar lagi, yaitu mulai Rp 20 juta hingga Rp 25 juta untuk produksi 2018.

Baca juga: Simak Diskon "Mobil Sejuta Umat" Awal 2018

"Tergantung dari perusahaan pembiayaan, tetapi kami bisa usahakan sampai nilai tertinggi diskonnya," kata tenaga penjual salah satu diler Daihatsu di kawasan Jakarta Pusat ketika dihubungi Kompas.com.

Sementara itu, diskon Honda Mobilio relatif lebih rendah dibanding rival seperti Avanza-Xenia. LMPV Honda itu hanya didiskon Rp 11 juta sampai Rp 15 juta.

Honda Mobilio 1 Juta Unitdok.HPM Honda Mobilio 1 Juta Unit

"Maksimal hanya sampai Rp 15 juta. Stok juga cukup banyak, jadi konsumen tidak harus inden," kata wiraniaga Honda ketika ditemui Kompas.com di salah satu pusat perbelanjaan.

Potongan harga paling besar ditawarkan tenaga penjual Suzuki. Untuk produksi 2018, konsumen akan diberikan diskon mencapai Rp 30 juta. "Sejak bulan lalu diskon sudah mulai tinggi, setiap diler berbeda-beda, tetapi yang kami tawarkan sebesar itu," kata pramuniaga itu.

Bukan hanya itu, karena akan ada generasi terbaru, beberapa diler juga menawarkan promo khusus, yaitu uang muka hanya Rp 5 juta sudah bisa membawa pulang Ertiga rakitan awal 2018.

Mitsubishi Xpander diproyeksikan masuk ke ranah fleet oleh MMKSI untuk bersaing dengan Innova.MMKSI Mitsubishi Xpander diproyeksikan masuk ke ranah fleet oleh MMKSI untuk bersaing dengan Innova.

Terakhir, jangan harap ada diskon buat Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Kedua pendatang baru itu sedang laris sehingga para diler belum menawarkan diskon kepada konsumen.

"Xpander inden paling lama sekitar dua bulan. Tetapi bisa lebih cepat juga tergantung varian, kalau yang paling laris seperti tipe tertinggi itu bisa sampai dua bulan," kata pramuniaga diler Mitsubishi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com