GM Korsel Terancam Bangkrut, Berimbas ke Indonesia?

Kompas.com - 03/04/2018, 07:22 WIB
Para petinggi General Motors Indonesia saat menghadiri peluncuran Chevrolet Trax Cuppertino di salah satu pabrik kerajinan di Jakarta Barat, Kamis (1/3/2018). Kompas.com/Alsadad RudiPara petinggi General Motors Indonesia saat menghadiri peluncuran Chevrolet Trax Cuppertino di salah satu pabrik kerajinan di Jakarta Barat, Kamis (1/3/2018).

Jakarta, KOMPAS.com – Perusahaanotomotif roda empat asal Amerika Serikat, General Motors, sedang terganggu di Korea Selatan. Bahkan dokumen kebangkrutan kemungkinan bakal dikeluarkan GM Korea Selatan pada 20 April nanti.

Maret 2018 saja, GM sudah mengumumkan bakal menutup pabrik Gunsan yang berkapasitas 260.000 unit per tahun mulai Mei. GM Korsel setidaknya memiliki empat pabrik mulai dari Gunsan, Boryeong, Changwon, dan Bupyeong-gu.

Model yang diproduksi di Korsel untuk memenuhi pasar domestik maupun ekspor, di antaranya ada Spark, Aveo, Orlando, Cruze, Impala dan Trax. Di mana ada tiga  produk yang dikirimkan ke pasar Indonesia.

Terkait hal tersebut, sampai saat ini pihak General Motors Indonesia yang diwakili Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs and Communication Director GM Indonesia masih mengabaikan pertanyaan yang diajukan Kompas.com, Senin (2/4/2018).

Baca juga : GM Korsel Terancam Bangkrut Bulan ini

Pengunjung melihat Chevrolet Spark saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Chevrolet memberikan potongan harga hingga dua puluh juta rupiah.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pengunjung melihat Chevrolet Spark saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Chevrolet memberikan potongan harga hingga dua puluh juta rupiah.

Dari data wholesales Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tiga model yang dipasarkan ke Indonesia dari Korsel yaitu model terlarisnya Chevrolet Trax, dan kemudian ada Spark dan Orlando.

Pasokan selama dua bulan pertama 2018 ini, Trax berhasil mencapai 180 unit, lalu ada Trailblazer sebanyak 73 unit Selanjutnya ada Spark 20 unit dan Orlando 19 unit, serta Colorado yang didatangkan dari Thailand sebesar (6 unit).

Kepemilikan GM Korsel sendiri dikuasai dominan oleh GM sampai 77 persen, diikuti South Korean Development Bank 17 persen, dan rekan GM dari China, SAIC Motor Corp, mengasai 6 persen.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X