Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Korsel Terancam Bangkrut, Berimbas ke Indonesia?

Kompas.com - 03/04/2018, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Perusahaanotomotif roda empat asal Amerika Serikat, General Motors, sedang terganggu di Korea Selatan. Bahkan dokumen kebangkrutan kemungkinan bakal dikeluarkan GM Korea Selatan pada 20 April nanti.

Maret 2018 saja, GM sudah mengumumkan bakal menutup pabrik Gunsan yang berkapasitas 260.000 unit per tahun mulai Mei. GM Korsel setidaknya memiliki empat pabrik mulai dari Gunsan, Boryeong, Changwon, dan Bupyeong-gu.

Model yang diproduksi di Korsel untuk memenuhi pasar domestik maupun ekspor, di antaranya ada Spark, Aveo, Orlando, Cruze, Impala dan Trax. Di mana ada tiga  produk yang dikirimkan ke pasar Indonesia.

Terkait hal tersebut, sampai saat ini pihak General Motors Indonesia yang diwakili Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs and Communication Director GM Indonesia masih mengabaikan pertanyaan yang diajukan Kompas.com, Senin (2/4/2018).

Baca juga : GM Korsel Terancam Bangkrut Bulan ini

Pengunjung melihat Chevrolet Spark saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Chevrolet memberikan potongan harga hingga dua puluh juta rupiah.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pengunjung melihat Chevrolet Spark saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Chevrolet memberikan potongan harga hingga dua puluh juta rupiah.

Dari data wholesales Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tiga model yang dipasarkan ke Indonesia dari Korsel yaitu model terlarisnya Chevrolet Trax, dan kemudian ada Spark dan Orlando.

Pasokan selama dua bulan pertama 2018 ini, Trax berhasil mencapai 180 unit, lalu ada Trailblazer sebanyak 73 unit Selanjutnya ada Spark 20 unit dan Orlando 19 unit, serta Colorado yang didatangkan dari Thailand sebesar (6 unit).

Kepemilikan GM Korsel sendiri dikuasai dominan oleh GM sampai 77 persen, diikuti South Korean Development Bank 17 persen, dan rekan GM dari China, SAIC Motor Corp, mengasai 6 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com