GM Korsel Terancam Bangkrut Bulan ini

Kompas.com - 02/04/2018, 11:45 WIB
Perakitan Chevrolet Trax di pabrik Bupyeong, Korea Selatan. GM IndonesiaPerakitan Chevrolet Trax di pabrik Bupyeong, Korea Selatan.

Jakarta, KOMPAS.com – Unit bisnis General Motors (GM) di Korea Selatan (Korsel) terancam menyatakan bangkrut karena terus merugi. Tahap akhir, bila perserikatan buruh internal tidak setuju memangkas pembiayaan, maka bangkrut pasti terjadi pada 20 April 2018.

Dalam dokumen perserikatan buruh GM Korsel yang didapat Reuters menyebutkan, Presiden GM International Barry Engle mengatakan, kepada pemimpin perserikatan buruh GM Korsel, unit bisnis di sana membutuhkan 600 juta dollar Amerika Serikat pada akhir April untuk beroperasi.

Juru bicara GM Korsel menjelaskan GM mau kesepakatan upah selesai pada akhir Maret. Namun perserikatan buruh meminta GM membuat rencana penyelamatan kepada pemerintah. Bila GM Korsel gagal membuat rencana pada 20 April, maka tidak ada pilihan selain bangkrut, kata juru bicara itu.

GM Korsel dimiliki oleh GM sebesar 77 persen, South Korean Development Bank 17 persen, dan rekan GM dari China, SAIC Motor Corp, yang mengontrol 6 persen. Kondisi keuangan GM Korsel tidak sehat setelah biaya penataan perusahaan melampaui kemampuan keuangan kemudian tidak bisa memenuhi obligasi dan jadwal pembayaran hutang.

Spark sempat dipasarkan namun dihentikan pemasarannya di Indonesia.Agung Kurniawan/KompasOtomotif Spark sempat dipasarkan namun dihentikan pemasarannya di Indonesia.

Tutup pabrik

Pada bulan lalu GM sudah mengumumkan bakal menutup pabrik Gunsan yang berkapasitas 260.000 unit per tahun pada Mei. Pabrik itu merupakan kedua terbesar dari tiga pabrik perakitan GM di Korsel. Cara GM untuk tetap bertahan yaitu membuat pabrik Gunsan bekerja sangat keras memenuhi permintaan ekspor unit.

Baca: Trax Jadi Penopang Utama Penjualan Chevrolet di Indonesia

Belum diketahui seberapa besar penutupan pabrik itu mempengaruhi operasi GM di Indonesia. Chevrolet Trax dan Spark merupakan dua model produksi Korsel yang dijual GM di Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X