Mengapa Masih Ada Konsumen Sungkan ke Bengkel Resmi

Kompas.com - 31/03/2018, 10:31 WIB
Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. KompasOtomotif/Alsadad RudiSuasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Jakarta, KOMPAS.com - Ketika membeli mobil baru, rata-rata konsumen yang datang ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan berkala hanya terbatas. Setidaknya, sampai masa waktu garansi atau periode promo gratis habis, kemudian beralih ke bengkel umum atau spesialis.

Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000, menjelaskan, pemilik mobil itu masih berpikir bahwa servis di bengkel resmi mahal, sehingga harus mengeluarkan kocek lebih dalam.

"Sampai akhirnya mereka memutuskan untuk ke bengkel umum atau spesialis. Tetapi, sekarang sudah tidak seperti itu apalagi banyak paket yang diberikan dan cukup menguntungkan konsumen," kata Ricky kepada KOMPAS.com belum lama ini.

Paket yang ditawarkan, lanjut Ricky seperti gratis servis berkala dan ganti oli sampai berapa kilometer (km). Bahkan ada lagi, uang muka sekaligus servis, hingga disediakan penawaran hingga puluhan ribu km.

Baca juga: Auto2000 Perluas Jaringan Hingga ke Pelosok Indonesia

"Hal seperti itu yang bisa membuat pemikiran masyarakat berubah. Sebenarnya tidak mahal, apalagi jika dibandingkan dengan teknisi hingga suku cadang yang digunakan punya jaminan kualitas dan keasliannya," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak beberapa tahun lalu, Auto2000 kata Ricky terus berusaha merangkul para pemilik mobil untuk melakukan perawatan berkala di bengkel resmi.

"Kalau tidak bisa, kita sudah sediakan Toyota Homes Service (THS), jadi kita datangi ke tempat konsumen, tetapi hanya untuk perawatan berkala saja, seperti ganti oli dan komponen yang sifatnya ringan," ujar Ricky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.