Chopper Jokowi Disarankan Pakai Sein dan Spion

Kompas.com - 29/03/2018, 09:22 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bertemu di Istana Bogor, Sabtu (24/3/2018) akhir pekan lalu. Salah satu topik yang dibahas oleh keduanya adalah mengenai fitur keselamatan pada sepeda motor modifikasi custom.

Pada pertemuan tersebut, Jokowi sempat memperlihatkan motor Royal Enfield yang sudah dimodifikasi bergaya chopperland miliknya. Setelah melihat, Airlangga menyarankan agar motor tersebut dipasangi fitur keselamatan, di antaranya sein dan spion.

Baca juga : Jokowi Mengaku Sering Ngebut Bawa Chopperland di Area Istana

"Untuk industri kreatif roda dua custom motor, kemarin saya sampaikan ke bapak Presiden bahwa yang paling penting safety feature-nya dilengkapi. Safety feature itu seperti kaca spion, kemudian lampu sein," kata Airlangga saat ditemui usai menghadiri acara Otomotif Award 2018 di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Presiden Joko Widodo menerima rombongan dari Elders Garage dan menerima motor chopper yang dibelinya, di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/1/2018). Joko Widodo, membeli sepeda motor modifikasi Chopperland yang telah ditaksir sejak pertama dilihatnya pada perayaan sumpah pemuda 28 Oktober 2017 lalu.BIRO PERS SETPRES / RUSMAN Presiden Joko Widodo menerima rombongan dari Elders Garage dan menerima motor chopper yang dibelinya, di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/1/2018). Joko Widodo, membeli sepeda motor modifikasi Chopperland yang telah ditaksir sejak pertama dilihatnya pada perayaan sumpah pemuda 28 Oktober 2017 lalu.

Di samping fitur keselamatan, Airlangga menilai hal lain yang juga harus dipenuhi dalam memodifikasi motor adalah penggunaan aksesori yang memenuhi standar keamanan. Selain itu, ban harus lulus SNI dan material baja yang digunakan harus tersertifikasi. Jika semua unsur itu dapat dipenuhi, Airlangga menilai barulah motor modifikasi bisa dianggap layak digunakan.

Berbicara mengenai motor modifikasi dengan bentuk sejenis chopperland, Airlangga menilai Harley Davidson bisa dijadikan acuan. Sebab Airlangga menganggap Harley adalah motor modifikasi yang sudah memenuhi kriteria layak jalan.

Baca juga : Chopperland, Motor Kustom Garapan Pemuda Indonesia yang Dijajal Jokowi

"Motor high-end seperti Harley Davidson itu kan modifikasinya banyak. Jenis setangnya seperti apa, kemudian jenis rodanya seperti apa. Jadi ada panduan bagi yang ingin membuat Royal Enfield dan motor lain yang masih satu kelas," ujar Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.