Dunia Digital Ringankan Pekerjaan Sales Mobil

Kompas.com - 28/03/2018, 10:22 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Perkembangan dunia digital dinilai telah membuat perubahan kebiasaaan konsumen calon pembeli mobil baru. Saat ini konsumen dapat dengan mudah mencari berbagai informasi mengenai mobil yang ingin dibelinya langsung di internet. Hal ini dianggap telah meringankan pekerjaan sales.

Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menyebut saat masa belum ada internet, sales harus aktif menyampaikan informasi kepada konsumen. Sebab hanya dari sales konsumen dapat menggali informasi seputar mobil yang ingin dibelinya.

Baca juga : Video Online Jadi Referensi Sebelum Membeli Mobil Baru

"Dulu ketika ada public exhibition, sales yang aktif. Itu dia era konvensional," kata Soerjo saat hadir dalam acara yang diadakan Google Indonesia, di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Showroom mobil bekas Andhara Motor di Pangkalanbaru, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.kompas.com/heru dahnur Showroom mobil bekas Andhara Motor di Pangkalanbaru, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Tidak hanya untuk sales, Soerjo menilai perkembangan dunia digital juga menguntungkan bagi konsumen itu sendiri. Salah satu yang dicontohkannya adalah tidak perlunya konsumen untuk repot-repot "test drive".

Menurut Soerjo, begitu banyaknya video online berisi konten seputar test drive membuat konsumen punya modal informasi sebelum menentukan pilihan mobilnya.

Baca juga : Begini Konten Video yang Dicari Calon Konsumen Otomotif

"Mereka tidak perlu capek-capek test drive. Apalagi Jakarta macetnya luar biasa. Mau test drive ke mana," ujar Soerjo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.